by

Meski Poin Sama, Timnas U-19 Lolos ke Perempat Final Piala Asia : Ini Sebabnya

BandungKita.id, BOLA – Timnas U-19 Indonesia berhasil melangkah ke babak perempat final Piala Asia U-19 setelah mengalahkan Uni Emirat Arab (UEA) pada matchday ketiga Grup A dengan skor 1-0.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (24/10/2018), gol semata wayang Witan Sulaeman pada menit 23 menjadi pembeda pada laga tersebut.

Dengan tambahan tiga angka, Timnas U-19 mengunci posisi runner-up di klasemen akhir dengan koleksi enam poin dari dua kemenangan. Sedangkan, posisi puncak klasemen disegel Qatar yang mengandaskan Taiwan dengan skor 4-0 pada laga lainnya.

Pada klasemen akhir grup, Qatar, Timnas U-19, dan UEA sama-sama mengoleksi nilai 6. Penilaian pun dilakukan dengan menghitung poin, head-to-head, selisih gol, dan agresivitas gol pada pertandingan antarketiga kesebelasan –tanpa menghitung laga ketiga tim dengan Taiwan.

Hasilnya, poin ketiga tim sama, yakni 3, head-to-head pun saling mengalahkan, dan terakhir selisih gol ketiga tim sama-sama 0. Alhasil, peringkat pun dihitung via agresivitas gol. Di sini Qatar unggul dengan jumlah 7, sementara Timnas U-19 mencetak 6 gol, dan Qatar berada di posisi terakhir dengan 2 gol.

Setelah unggul satu gol di babak pertama melalui Witan Sulaeman, Timnas U-19 harus mendapat tekanan pada lima menit jalannya babak kedua oleh UEA.

Bahkan, saat laga berjalan delapan menit, Timnas U-19 harus kehilangan Nurhidayat karena mendapat kartu merah. Keluarnya penggawa Bhayangkara FC itu lantaran melakukan tekel kerasa terhadap Abdulla Alnaqbi.

Merespons kartu merah, pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Indra Mustafa dengan menarik Saddil Ramdani. Sebelum masuknya penggawa Persib Bandung U-19 itu, Indra juga telah menarik Hanis Saghara untuk digantikan Todd Rivaldo Ferre.

Unggul jumlah pemain, UEA praktis menguasai jalannya laga. Bahkan pada pemain belakang anak asuh pelatih Ludovic Bateli ikut memban serangan hingga ke garis tengah.

Beberapa peluang UEA terhadap Timnas U-19 sempat membuat sesisi stadion khawatir. Akan tetapi, M. Riyandi masih bisa menahan gempuran yang digalang Ali Saleh Amro. Skor 1-0 bertahan hingga akhir. (ZEN/BandungKita.id)

Comment