oleh

Turunkan Pemain Lapis Dua, MU Lolos ke Babak 32 Besar Piala FA Setelah Menang Susah Payah Lawan Tim Kasta Kedua Liga Inggris Ini

BandungKita.id, BOLA – Manchester United (MU) berhasil melaju ke babak 32 besar Piala FA 2018/2019 setelah mengalahkan tim kasta kedua Liga Inggris, Reading. Menjamu Reading di Old Trafford dalam laga babak 64 besar, MU berhasil menang 2-0, Sabtu 5 Januari 2019.

Dalam laga ini, manajer interim MU, Ole Gunnar Solskjaer, menurunkan banyak pemain lapis dua semisal Sergio Romero, Diego Dalot, Scott McTominay, Andreas Pereira. Selain itu, Solskjaer juga menurunkan Alexis Sanchez yang sudah pulih dari cedera.

Seperti dikutip dari viva, Reading tampil cukup apik dalam 15 menit awal. Pasukan Jose Gomes mampu mendominasi penguasaan bola meskipun tak membuat peluang berarti.

Bermain tenang, MU mampu mencetak gol di menit 20 lewat aksi Fred. Menerima umpan Juan Mata, Fred berhasil menembakkan bola ke sudut kiri bawah gawang. Sayang, gol tersebut dianulir wasit lantaran Fred dianggap berada dalam posisi offside.

Akan tetapi, MU pada akhirnya mendapatkan hadiah penalti akibat sebelum terjadi gol, Juan Mata dilanggar oleh bek Reading, Omar Richards, di area terlarang. Mata yang turun sebagai eksekutor, berhasil menunaikan tugasnya. Tembakannya ke sudut kiri gawang gagal diantisipasi oleh kiper Reading, Anssi Jaakkola.

Reading kemudian nyaris menyamakan kedudukan di menit 30. Menerima umpan terobosan Callum Harriot. Danny Loader berhadapan satu lawan satu dengan kiper MU, Sergio Romero. Sayang, eksekusi akhir Loader tak maksimal. Sepakannya malah menyamping.

MU juga hampir saja menggandakan keunggulan beberapa saat berselang. Menerima umpan Mata, Romelu Lukaku mampu melepaskan sepakan keras jarak dekat. Sayang, bola sepakannya berhasil dipatahkan Jaakkola.

Reading kembali mendapatkan peluang emas jelang babak pertama usai. Penetrasi Andy Yiadom di kotak penalti diakhiri sepakan keras. Namun, Romero berhasil menepisnya.

MU justru berhasil menggandakan keunggulan sesaat sebelum babak pertama usai. Berawal dari umpan cantik Alexis Sanchez yang berhasil diterima Lukaku. Sempat mengecoh Jaakkola saat berhadapan satu lawan satu, Lukaku dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang.

Memasuki babak kedua, Reading yang tertinggal dua gol coba mengejar. Menit 49, Reading mendapat peluang lewat tendangan bebas Liam Swift. Peluang ini belum maksimal karena bola sepakan Swift berhasil diantisipasi dengan baik oleh Romero.

Reading kembali mendapatkan peluang di menit 53 lewat aksi Harriot. Namun lagi-lagi, Romero yang tampil apik berhasil mematahkan peluang Reading.

Nasib sial dialami Alexis dalam laga ini. Baru saja kembali bermain, Alexis malah kembali cedera. Tepatnya di menit 63, winger asal Chile ini harus ditarik keluar lapangan dan digantikan oleh Marcus Rashford.

MU hampir saja memperbesar keunggulannya di menit 68. Ashley Young yang melakukan penetrasi di sisi kanan kemudian melepas umpan silang ke depan gawang, dan mampu dimanfaatkan oleh Marouane Fellaini lewat sebuah sepakan. Sayang, bola sepakan Fellaini berhasil diamankan Jaakkola.

Usaha Reading untuk memperkecil ketinggalan di menit 70 kembali digagalkan Romero. Berawal dari umpan , Sone Aluko berhasil melepaskan tembakan sambil berbalik badan. Namun apa yang terjadi, Romero kembali membuat penyelamatan gemilang.

Jelang pertandingan usai, MU kembali mendapatkan peluang lewat aksi Andreas Pereira. Gelandang asal Brasil ini berhasil melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Akan tetapi, bola sepakan Pereira masih bisa dipatahkan Jaakkola.

Tak ada gol yang tercipta di babak kedua. Skor 2-0 untuk kemenangan MU kemudian bertahan hingga peluit panjang ditiup wasit. Kemenangan ini memastikan satu tiket buat The Red Devil melaju ke babak keempat (32 besar) Piala FA 2018/2019.(ZEN/BandungKita.id)

Susunan Pemain:

Manchester United: Sergio Romero (gk); Diego Dalot, Matteo Darmian, Phil Jones, Ashley Young, Scott McTominay, Fred (Marouane Fellaini’61), Andreas Pereira, Juan Mata (Tahith Chong’61), Romelu Lukaku, Alexis Sanchez (Marcus Rashford’63).

Reading: Anssi Jaakkola (gk); Andy Yiadom, Tiago Ilori (Sone Aluko’46), Liam Moore, Omar Richards, Liam Kelly, Andy Rinomhota, Garath McCleary (Moudou Barrow’60), John Swift, Callum Harriott (Yakou Meite’75), Danny Loader.

Komentar