oleh

Warga Kampung Penanggungan, Kabupaten Garut Minta Pemkab Garut Segera Bangun Jembatan

BandungKita.id, GARUT – Warga Kampung Penanggungan, Kelurahan Lengkong Jaya, Kecamatan Karangpawitan, meminta pemerintah setempat segera membangun jembatan penghubung antar Kecamatan Banyuresmi dan Karawangpawitan.

Permintaan itu menjadi harapan besar bagi warga. Menyoal selama ini mereka hanya menggunakan perahu rakit sederhana untuk menyebrang, termasuk siswa sekolah yang lebih dikhawatirkan keselamatannya.

Ketua RW 8 Kampung Pananggungan, Yusuf Suparman, mengatakan akses jalan ke wilayah Sukasenang memang lebih dekat dibanding harus memutar ke arah Copong.

“Sekarang sih memang pakai akses ke Copong. Anak sekolah juga enggak semua ke Sukasenang. Tapi tetap saja suka khawatir liat anak-anak nyebrang Sungai Cimanuk,” ucap Yusuf, Senin (28/1/2019).

Yusuf menuturkan di wilayahnya terdapat 80 kepala keluarga. Sebanyak 15 anak yang bersekolah di MI Nurul Huda, Desa Sukasenang. Meski ada jalan lain menuju desa tersebut, jemmbatan cukup dibutuhkan warga.

“Inginnya juga ada jembatan. Karena sebagian warga lewat sini (menyebrangi Sungai Cimanuk),” tuturnya.

Camat Karangpawitan, Rena Sudrajat mengaku jika pihaknya sudah mengajukan pembangunan jembatan pada tahun 2015 lalu. Namun kendala tanah dan akses jalan membuat jembatan tak bisa dibangun.

“Harus ada tanah warga yang dihibahkan untuk pondasi jembatan. Dulu itu tidak ada warga yang mau,” ujar Rena saat meninjau rakit yang digunakan murid MI Nurul Huda menyebrang.

Rena menuturkan, akan kembali mengajukan anggaran untuk pembangunan jembatan rawayan atau jembatan gantung. Ia berharap, anggaran tersebut bisa terealisasi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan.

“Nanti akan kami ajukan ke Pemkab. Sebenarnya jembatan tidak terlalu urgent karena ada akses lain. Tapi karena warga meminta, kami akan usahakan,” katanya.

Anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan, Yuda Puja Turnawan, menyatakan pihaknya telah meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Garut untuk membangun jembatan rawayan di Pananggungan.

“Saya sudah konfirmasi ke Kadis PUPR, Uu Saepudin. Insyaallah akan ada pergeseran belanja di APBD Perubahan Garut 2019. Akan dibangun jembatan rawayan yang menghubungkan kedua kampung yang berbeda kecamatan ini,” kata Yuda.

Jembatan tersebut, lanjutnya, bisa memudahkan anak-anak bersekolah. Dengan adanya jembatan, keselamatan anak-anak lebih terjamin ketika berangkat maupun pulang dari sekolah.

“Anak-anak rutin menyebrangi Sungai Cimanuk dengan rakit. Keselamatan untuk dapat pendidikan harus diperhatikan oleh pemerintah,” ujarnya. (Rul/Bandungkita.id)

 

Komentar