Cetak Sejarah, Qatar Jadi Raja Asia Usai Kalahkan Samurai Biru di Laga Final

BandungKita.id, BOLA – Timnas Qatar berhasil menjuarai Piala Asia untuk kali pertama sepanjang sejarah keikutsertaannya di turnamen ini. Di partai final yang dihelat di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Jumat malam 1 Februari 2019, tim besutan Felix Sanchez itu menaklukkan Samurai Biru, Jepang dengan skor 3-1.
Qatar berhasil unggul cepat pada menit 12. Tendangan salto Almoez Ali berhasil membobol gawang Jepang yang dijaga oleh Shuichi Gonda. 1-0 Qatar memimpin.
Gol yang dicetak oleh Almoez Ali tersebut sekaligus memecahkan rekor Ali Daei (Iran) yang berhasil mencetak delapan gol di Piala Asia 1996. Sang pemain berhasil menorehkan sembilan gol pada turnamen Piala Asia 2019 ini.
Tertinggal satu gol, Jepang berusaha bangkit. Namun, peluang mereka selalu mental di pemain bertahan Qatar.
Menit 27, Jepang kembali kebobolan. Adalah tendangan keras dari luar kotak penalti Abdulaziz Hatem yang berhasil membawa Qatar unggul 2-0. Skor itu bertahan hingga turun minum.
Sejak babak kedua dimulai, Jepang langsung mengambil alih serangan. Samurai Biru tampak bernafsu untuk secepatnya menyamakan kedudukan.
Sayangnya, setelah 10 menit berjalan, usaha Jepang masih belum membuahkan hasil. Pertahanan Qatar sangat disiplin untuk menangkal setiap serangan yang dibangun Takumi Minamino cs.
Berbeda dengan babak pertama, Jepang lebih agresif dalam menyerang dan penguasaan bola. Tim asuhan Hajime Moriyasu ini membuat pertandingan hanya berjalan setengah lapangan sepanjang 20 menit babak kedua.
Menit 69, Jepang bisa sedikit tersenyum setelah Takumi Minamino berhasil memperkecil ketinggalan. Golnya itu membuat laga kembali memanas.
Gol yang dicetak Minamino membuat Qatar kembali menaikkan tempo pertandingan. Namun, Jepang tak mau kalah dengan terus mengurung pertahanan Qatar.
Ketika Samurai Biru sedang berusaha bangkit, pada menit 81, tangan Maya Yoshida terlihat mengenai bola di dalam kotak penalti. Wasit sempat melihat tayangan VAR sebelum memutuskan untuk memberi hadiah penalti pada Qatar.
Akram Afif yang menjadi algojo tanpa kesalahan menunaikan tugasnya pada menit 83. Hingga laga berakhir, skor 3-1 untuk keunggulan Qatar tetap tak berubah.
Ini jadi kali pertama bagi Qatar juara Piala Asia. Dan ini kali pertama bagi Jepang kalah di final Piala Asia setelah di empat final sebelumnya selalu menjadi juara.
Susunan Pemain
Jepang: Shuichi Gonda (PG); Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Takehiro Tomiyasu, Yuto Nagatomo, Gaku Shibasaki, Genki Haraguchi (Yoshinori Muto 62′), Tsukasa Shitomi, Ritsu Doan, Takumi Minamino, Yuya Osako.
Qatar: Saad Al Sheeb (PG); Abdulkarim Hassan, Tarek Salman, Boualem Khoukhi (Salem Al Hajri 61′), Pedro Miguel, Abdulaziz Hatem, Assim Madibo, Akram Afif, Hassan Al Heidos (Karim Boudiaf 74′), Bassam Hisham, Almoez Ali.(ZEN/BandungKita.id)

Comment