by

Manchester City Juara Piala Liga Inggris Usai Kalahkan Chelsea Melalui Babak Adu Penalti

BandungKita.id, BOLA – Manchester City menjadi juara Piala Liga Inggris 2018/2019. The Citizens menang atas Chelsea, melalui laga adu penalti dengan skor 4-3 di Stadion Wembley, Minggu (24/2/2019).

Kedua tim tak mampu mencetak sebiji gol pun dalam waktu normal 90 menit. Pertandingan kemudian dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Namun dua kali babak tambahan waktu, masih belum ada gol yang tercipta sehingga laga akhirnya ditentukan oleh babak tos-tosan untuk menentukan pemenang.

Pertandingan kedua tim sebenarnya cukup sengit. Jual beli serangan dipertontonkan kedua tim selama 90 menit. Dalam laga ini, City tampil lebih dominan dan menguasai bola lebih banyak. Ciri khas tiki taka diperlihatkan City dalam laga ini.

City tampil menekan sepanjang babak pertama. Mereka mengandalkan serangan dari sisi sayap untuk menciptakan peluang ke gawang Chelsea.

Namun, rapatnya pertahanan Chelsea membuat tim asuhan Pep Guardiola itu kesulitan mencetak gol. Hingga akhirnya babak pertama usai, skor imbang 0-0 tetap bertahan.

Usai turun minum, permainan tidak banyak berubah. City tetap bermain lebih agresif dan memaksa pemain Chelsea jatuh bangun menahan serangan.

Pada menit 66, Chelsea mendapatkan peluang emas. Akselerasi Eden Hazard dari sisi sayap kiri diakhiri dengan sodoran mendatar, sayang N’Golo Kante yang menerima bola melakukan tidak mampu memaksimalkannya menjadi gol.

Di menit-menit akhir pertandingan, Chelsea berupaya terus menekan. Akan tetapi, hingga wasit meniupkan peluit tanda 90 menit waktu usai, tak kunjung ada gol yang tercipta.

Pertandingan pun dilanjutkan ke babak tambahan waktu guna mencari pemenang. Kedua tim tampil ngotot pada 15 menit pertama dengan bergantian melancarkan serangan.

Pada 15 menit kedua babak tambahan waktu, pertandingan semakin menegangkan. Jual beli serangan terjadi, sayang tidak juga menghasilkan gol.

Chelsea mendapatkan jatah menendang penalti yang pertama. Namun sayang, Jorginho tak mampu menuntaskan tugas dengan baik karena bola tendangannya mampu dihalau dengan baik oleh Ederson.

Sedangkan eksekutor pertama ManCity diberikan kepada Ilkay Guendogan. Dia berhasil menyarangkan bola ke dalam gawang dengan sangat baik.

Cesar Azpilicueta sebagai eksekutor kedua Chelsea berhasil menuntaskan tugasnya. Begitu juga dengan penendang kedua ManCity, Sergio Aguero. Walau sempat terbaca arah bola, tapi Kepa Arrizabalaga tak bisa menahannya.

Penendang ketiga Chelsea, Emerson juga berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik. Tapi, tidak begitu dengan Leroy Sane. Tendangannya ke arah kanan gawang berhasil dimentahkan oleh Kepa.

Sial bagi Chelsea, tendangan David Luiz sebagai eksekutor keempat harus gagal karena membentur tiang gawang. Dan ManCity kembali dalam keadaan unggul setelah Bernardo Silva menyelesaikan eksekusi dengan baik.

Penendang kelima Chelsea, Eden Hazard menyelesaikan tendangan penalti dengan sukses. Tapi, akhirnya The Blues harus menyerahkan gelar juara Piala Liga Inggris kepada ManCity yang penendang terakhirnya, Raheem Sterling berhasil menceploskan bola ke dalam gawang.

Kemenangan ini membuat ManCity berhasil memenangkan gelar keenam Piala Liga Inggris sepanjang sejarahnya.(M Zezen Zainal M)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment