by

Waspada, Hari Ini Bandung Raya Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir, Ini Penjelasan BMKG

BandungKita.id, BANDUNG – Prakiraan cuaca Bandung Raya pada pagi hari diprediksi cerah berawan. Namun pada siang hari diprediksi mengalami hujan lebat yang disertai petir.

“Pagi cerah berawan namun berpeluang hujang ringan, pada siang hari hujan lebat disertai petir dan malam berawan,” tulis BMKG di akun resminya, Jumat (1/3/2019).

Kondisi cuaca yang berawan, kata BMKG diakibatkan sirkulasi siklonik yang terjadi di sebelah barat Lampung, yang bertemu dengan massa udara di Jawa Barat. “Ada sirkulasi siklonik di barat Lampung dan adanya pertemuan massa di udara Jawa Barat sehingga berpotensi terhadap pertumbuhan awan-awan dan hujan,” sebutnya.

BMKG mengatakan kelembapan udara di Jawa Barat juga cukup tinggi, sehingga membentuk awan hujan. “Kelembapan udara pada ketinggian 3 km (700) mb, berkisar 50 persen hingga 96 persen” kata BMKG.

Suhu udara Bandung raya berkisar antara 20,3 derajat celsius hingga 32,0 derajat celsius. Sedangkan arah angin bertiup berubah-ubah arah kecepatan sekitar 5-20 km/jam.

Sementara pada informasi kemaritiman, BMKG menuturkan tinggi gelombang maksimum terjadi di perairan sebelah utara dan sebelah selatan. “Perairan sebelah utara 0,00 m – 0,50 m, sedangkan perairan sebelah selatan 1,50 m – 2,50 m.”

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini pada masyarakat Bandung Raya terkait potensi hujan yang lebat. “Waspadai potensi hujan sedang, kadang lebat disertai petir dan angin pada siang atau sore menjelang malam hari,” pungkas BMKG (Dian Aisyah/Bandungkita.id)

Comment