Ini Dampak Luar Biasa Jika Anak Mulai Diberi Tugas Rumah Tangga, Mulailah Sejak Usia Ini

Berdampak Pada Mental dan Kemandiriannya.

BandungKita.id, PARENTING – Melatih anak bertanggung jawab harus dimulai dari rumah. Tentunya dari hal sederhana dan mudah dimengerti anak.

Kita sebagai orangtua bisa memulainya dengan hal-hal kecil yang menjadi kebiasaan sehari-hari seperti selalu menaruh piring di bak cuci, menaruh pakaian kotornya di tempat yang sudah disediakan, merapikan mainannya kembali dan pekerjaan rumah tangga lainnya.

Beberapa penelitian juga mengungkap kalau pekerjaan rumah tangga yang ditugaskan kepada anak akan menanamkan banyak hal positif. Antara lain rasa memiliki, kemandirian, tanggung jawab, empati dan rasa hormat terhadap orang lain.

Semakin cepat anak-anak diberi tanggung jawab pada tugas rumah tangga, semakin baik. Bahkan sangat direkomendasikan mulai usia 3 atau 4 tahun, anak sebaiknya sudah diberi tugas rumah tangga yang sesuai dengan kemampuan mereka.

“Orangtua saat ini ingin anak-anak mereka menghabiskan waktu untuk hal-hal yang dapat membawa mereka sukses, tetapi ironisnya, telah berhenti melakukan satu hal yang sebenarnya telah menjadi prediktor keberhasilan yang terbukti dan itu adalah pekerjaan rumah tangga,” kata Richard Rende, seorang psikolog, dikutip dari Fatherly.

Menurut penelitian, anak yang mulai melakukan pekerjaan rumah tangga di usia 3 dan 4 tahun cenderung memiliki hubungan personal yang baik, mencapai kesuksesan akademik dan lebih mandiri dibandingkan mereka yang baru mengerjakan pekerjaan rumah tangga saat remaja.

“Saat anak-anak membantu pekerjaan rumah tangga, jangan lupa untuk berterima kasih. Buat anak-anak merasa kalau mereka menjadi penolong dan ini menimbulkan perasaan positif,” ungkap Rende.

Pastikan anak merasa kalau apa yang dilakukannya, bukan hanya untuk dirinya tapi juga demi kenyamanan keluarga. Dengan begitu anak belajar berempati dan memahami orang lain dan tak menjadi pribadi yang egois. (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

 

Editor : M Zezen Zainak M