Program Zero Waste Cities, Harapan Baru Tangani Sampah Perkotaan

BandungKita.id, BANDUNG – Perkumpulan Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi (YPBB) bersama Global Alliance and Incenerator Alternatuve (GAIA) menggelar pelatihan pengelolaan sampah bertajuk Zero Waste Academy (ZWA).

ZWA merupakan rangkaian dari program nasional bernama Zero Waste City. Saat ini rangkaian kegiatan Zero Waste Academy tengah berlangsung di Kota Bandung dan Kota Cimahi sejak 29 Juni lalu hingga 9 Juli.

“Program ini bertujuan untuk mengurangi beban pengelolaan sampah di tingkat kota/kabupaten. Targetnya dapat membantu pemerintah dalam mencapai target pengurangan sampah,” kata Koordintor Zero Waste Academy, Anilawati Nureakhidin, di Bandung, Senin (8/7/2019).

Baca juga:

Hati-hati! Buang Sampah Sembarangan di Garut Bisa Didenda Rp 500 Ribu

 

Kekurangan SDM dan Armada, Pengangkutan Sampah Pada Acara Bersih-bersih KBB Akan Dilakukan Bertahap

 

Anilawati Nureakhidin yang akrab disapa Ani menjelaskan, Zero Waste Cities adalah program pengembangan model pengelolaan sampah berwawasan lingkungan, berkelanjutan, dan terkonsentrasi di kawasan pemukiman.

“Program ini sudah berlangsung di Denpasar, Gersik, Surabaya, Medan, Kepulauan Seribu, Kota Cimahi, Kota Bandung dan Kabupaten Bandung,” kata Ani.

Selain di Indonesia kegiatan serupa juga telah digelar di Filipina dan Vietnam.

Seperti diketahui, diberitakan Bandungkita.id sebelumnya, jumlah sampah di Kota Bandung masih cukup tinggi yakni mencapai 1.200 -1.300 ton perhari.***(Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)