Satu Unit Rumah di Cimahi Utara Terbakar

Cimahi516 Views

BandungKita.id, CIMAHI – Satu unit rumah di jalan Amir Machmud, Gang H Mustofa II, RT 3 RW 14, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, dilalap si Jago Merah, Kamis (25/7/2019) siang.

Menurut kesaksian warga, rumah yang terbakar merupakan bangunan yang tak berpenghuni. Api mulai terlihat sejak pukul 14.05 WIB. Nyala api diduga berasal dari pembakaran sampah yang merembet ke bagian rumah dan membesar.

“Menurut saksi mata di lapangan, api merembet dari pembakaran sampah ke ruang tamu. Jadi memang sengaja ada yang membakar sampah tapi ditinggalkan,” ungkap Komandan Regu I Damkar Kota Cimahi, Indra Hadi di lokasi, Kamis (25/7/2019).

Baca juga:

Proses Pemadaman Kebakaran Pabrik di Cihampelas Kabupaten Bandung Barat Terkendala Sumber Air

 

Indra mengatakan, cuaca yang panas dan angin kencang menjadi penyebab api mudah merembet ke bangunan rumah. Kebakaran tersebut, menurut Indra mengatakan, menelan satu korban luka ringan saat hendak melakukan pemadaman pertama.

“Korban hanya luka ringan. Namanya Ibu Hannah. Mungkin karena benturan. Karena panik dia melakukan bantu untuk pemadaman awal sebelum petugas datang,” paparnya.

Untuk pemadaman tersebut, pihaknya menurunkan sebanyak 5 unit pancar, 2 unit rescue dan 2 unit BPBD.

Sementara itu, Ketua RW setempat, Ade Mulyadi menyebutkan, rumah tersebut merupakan rumah kosong. Namun peralatan rumah tangga masih banyak berada di dalam.

Baca juga:

Cegah Kebakaran Hutan di Riau, BNPB Terjunkan 1.500 Personel

 

“Rumah ini kira-kira tidak ditempati sekitar 8 sampai 10 tahunan. Diduga api dari korsleting listrik. Tapi ada juga yang bilang ada anak kecil yang main api disekitar rumah itu,” terang Ade.

Dari kejadian tersebut, bagian atap rumah habis terbakar. Awal kemunculan api kata Ade, terlihat dari rumah bagian atas.

“Kerusakan terparah terdapat di bagian atasnya. Cukup parah sampai hangus tidak tersisa,” imbuhnya.

Api berhasil ditaklukkan sampai 15.30 WiB. Selanjutnya, petugas tengah melakukan pendinginan.***(Bagus Fallensky/BandungKita.id)