by

Menkominfo Ajak Akademisi Adaptif Hadapi Perubahan Teknologi Digital

BandungKita.id, PENDIDIKAN – Perubahan akibat teknologi akibat digitalisasi saat ini berlangsung begitu cepat. Untuk itu Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengajak akademisi untuk senantiasa bersikap adaptif terhadap perubahan yang terjadi.

“Tiba-tiba saja muncul disiplin ilmu yang baru keterampilan baru dan lapangan kerja baru dengan kualifikasi yang serba baru yang sebelumnya tidak kita kenal kita harus dapat mengantisipasi dan bersikap adaptif untuk perubahan perubahan,” kata Rudiantara Senin (19/8/2019) lalu.

BACA JUGA:

Dilarang Keluar Kalteng, Kayu Bajakah Dijual Bebas di Kalsel

 

Ia jugamengingatkan bahwa saat ini di seluruh dunia makin borderless. Artinya tidak mempunyai batas yang jelas. Dalam bidang ketenagakerjaan, akan terjadi arus bebas pertukaran tenaga kerja.

Namun demikian, ia menyatakan satu hal yang membuat setiap mahasiswa bisa berkompetisi adalah kepemilikan sertifikasi.

“Free flow dari pekerja-pekerja dari Indonesia yang bersertifikat mempunyai hak untuk bekerja di kawasan di negara lain, juga di Indonesia. Jadi kalau kita tidak tidak mempersiapkan diri kita untuk meningkatkan kemampuan kita niscaya lapangan pekerjaan di Indonesia itu akan diambil oleh pencari kerja atau pekerja dari negara-negara lain terutama dari negara ASEAN,” tandasnya.

BACA JUGA:

Plt Dirjen Otonomi: Masa Jabatan Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak 2020 Maksimal 4 Tahun

 

Menteri Rudiantara juga mengutip ujaran Ki Hajar Dewantara.

“Dengan ilmu membuat kita menjadi mudah, dengan seni membuat kita menjadi indah dan dengan agama kita membuat menjadi lebih terarah. Ilmu akan ditempuh seni sudah kita lalui bersama dan tinggal agama dijalankan masing-masing,” tutur Rudiantara. (Dian Aisyah/Bandungkita.id)

Sumber: Humas Kominfo