Miliki Manajemen Inovasi yang Baik, Unpad Raih Anugerah Widyapadhi Kemenristekdikti

Pendidikan621 Views

BandungKita.id, BANDUNG – Universitas Padjajaran (Unpad) telah memiliki ekosistem yang baik dalam manajemen inovasi. Hal ini dikarenakan Unpad memiliki manajemen tata kelola yang mapan untuk menangani berbagai produk inovasi para civitas akademika.

“Tahap-tahap (manajemennya) sudah jelas. Bukan hanya sekadar ada unit-unit kerjanya, tetapi ekosistemnya sudah terbentuk,” ujar Wakil Rektor Bidang Riset, Kerja Sama, Inovasi, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., saat diwawancarai via telepon, Minggu 1 Agustus 2019.

Menurut Keri, setiap direktorat dan unit kerja dalam ekosistem tersebut memiliki pola kerja yang jelas. Tahap awalnya, aktivitas riset difasilitasi oleh Direktorat Riset, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Inovasi.

Kemudian, hasil riset tersebut dipotensikan untuk dilakukan hilirisasi. Upaya ini difasilitasi oleh Direktorat Kerja Sama dan Korporasi Akademik untuk dicarikan mitra industrinya. Setelah ada mitranya, produk riset tersebut dilakukan proses inkubasi lewat Pusat Inkubasi Bisnis/Orange yang bernaung di bawah Kawasan Sains dan Teknologi (KST) Unpad.

Baca juga:

Neng Daysi, Nasi Sejuta Khasiat dari Bawang Dayak Penemuan Mahasiswa Unpad

 

Lewat pola tata kelola tersebut, lanjut dia, sudah ada sejumlah hasil riset yang digunakan oleh industri dan diproduksi massal. Beberapa produk riset Unpad yang sudah diproduksi massal antara lain: Tehdia, teknologi Nanobubble, hingga varian baru dari Ubi Cilembu.

“(Tujuannya) riset berakhir menjadi aktivitas wirausaha yang bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Ekosistem ini diharapkan memotivasi sekaligus memfasilitasi para peneliti Unpad untuk melakukan riset yang bisa dihilirisasi. Apresiasi pemerintah terhadap ekosistem manajemen inovasi itu, kata dia, juga diharapkan menghasilkan lebih banyak lagi produk inovasi yang bisa dihilirkan dari Unpad.

Kemenristekdikti pada tahun ini juga menobatkan perguruan tinggi negeri itu meraih peringkat tiga Anugerah Iptek dan Inovasi “Widyapadhi” untuk kelompok universitas/institut sub kategori manajemen inovasi Pendidikan Tinggi RI 2019, kelompok universitas/institut sub kategori manajemen.

Keri mengatakan, diperolehnya Anugerah Widyapadhi ini diharapkan menyemangati segenap civitas akademika Unpad untuk meningkatkan riset yang berbasis kebutuhan masyarakat.

“Anugerah ini memotivasi kita untuk terus meningkatkan koordinasi, terus meningkatkan kualitas layanan, sehingga kita dapat memfasilitasi berbagai riset dengan lebih baik,” ujarnya.(R Wisnu Saputra)