Berat Badan Naik Pascalebaran, Berikut Rekomendasi Olahraga untuk Turunkan Berat Badan

BandungKita.id, HEALTH – Hari Raya Idulfitri merupakan salah satu momentum istimewa bagi seluruh umat Islam usai menjalankan ibadah puasa Ramadan selama sebulan penuh.

Tak hanya menjadi momen kebahagiaan untuk kembali ke fitri dan bertemu dengan sanak saudara, dalam perayaan Idulfitri banyak ditemui beragam kuliner khas yang menggugah selera.

Kuliner tersebut antara lain opor ayam, rendang daging, kue nastar, manisan.

Seperti diketahui, makanan-makanan tersebut memiliki jumlah kalori yang tinggi.

Jadi wajar saja jika berat badan mengalami kenaikan usai Lebaran.

Guna mengantisipasi kenaikan berat badan alias kegemukan, Anda harus mengimbanginya dengan gizi yang seimbang dan olahraga teratur.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut rekomendasi olahraga yang bisa menurunkan berat badan.

  1. Berjalan

Salah satu cara mudah untuk membakar lemak setelah pola makan yang tak terkontrol adalah berjalan. Dengan berjalan kaki, Anda telah melakukan latihan kardio yang berfungsi membakar lemak.

BACA JUGA :

7 Cara Mudah Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

3 Kiat Menurunkan Berat Badan Demi Mewujudkan Resolusi di Tahun Baru

Ingin Menurunkan Berat Badan, Sebaiknya Sarapan atau Tidak Ya? Ini Penjelasannya

Jika Dilakukan Secara Rutin, 4 Jenis Olahraga Ini Efektif Menurunkan Berat Badan

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa berjalan dengan membawa beban tangan merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan lemak perut. Cobalah berjalan 10 ribu langkah sehari untuk mendapatkan berat badan ideal.

  1. Latihan Otot Inti

Setelah makan banyak, wajar jika Anda ingin menargetkan kesehatan otot inti. Ini adalah serangkaian otot kompleks yang membentang dari otot dada bawah, perut, punggung, sampai di sekitar panggul.

Otot inti juga merupakan area yang bagus untuk difokuskan dalam olahraga.
Bagaimanapun, kekuatan otot inti sangat penting untuk hampir setiap aktivitas yang Anda lakukan.

  1. Senam

Senam memang bukan cara instan untuk menurunkan berat badan. Tapi melakukan senam secara teratur dapat menurunkan lemak di perut.

Menurut instruktur Tamal Dodge, ada gerakan mudah yang dapat dilakukan untuk membantu pencernaan dan meningkatkan energi.

“Letakkan tangan di atas lutut dan tarik perut dan angkat dada, putar bahu ke belakang dan ke bawah, tutup mata selama 1 hingga 2 menit,” ujarnya.(Agus S)

Editor : M Zezen Zainal M