by

Kolam Retensi dan Tol Air Hadir di Bandung, Kok Masih Banjir?

BandungKita.id, Bandung – Banjir masih menjadi pekerjaan rumah Pemerintah Kota Bandung disaat musim penghujan tiba. Padahal kolam retensi dan tol air telah dibangun di beberapa titik lokasi yang kerap terjadi banjir.

Gedebage, merupakan salah satu titik yang menjadi langganan banjir hingga saat ini. Padahal di Gedebage sudah dibangun kolam retensi dan tol air sebagai upaya penanganan banjir di kawasan Bandung Timur.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengaku akan melakukan evaluasi terkait dua pembangunan tersebut yang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum. Oded berdalih, evaluasi tersebut harus melalui berbagai kajian hingga kembali menemukan titik permasalahan banjir di Kota Bandung.

“Saya sampaikan kepada teman-teman di DPU. Mereka sudah bertindak, terutama hari ini disaat musim penghujan, sudah gerak dikewilayahan,” kata Oded di Pendopo Kota Bandung, Senin (1/11/2021).

Baca Juga

Tangani Banjir di Perbatasan, Wali Kota Bandung Akui Sulit Kolaborasi dengan Cimahi

Duh! Balai Kota Bandung Tak Terapkan Aplikasi PeduliLindungi

Oded mengatakan, penanganan banjir di Kota Bandung tidak bisa dilakukan secara parsial. Namun masyarakat pun memiliki peran yang sangat besar untuk menjaga lingkungan masing-masing guna mencegah banjir.

“Dimana pun yang harus ideal tersebut semua pihak harus punya kesadaran. Tapi kalau kesadaran tidak merata, ya tadi masih terjadi banjir,” akunya.

Oded pun mengaku hanya bisa memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah terutama ke aliran-aliran sungai di Kota Bandung.

“Masyarakat dari sisi moralnya, pemkot secara pembangunan punya anggarannya,” lanjut Oded.

Disisi lain Oded pun meminta DPU untuk kembali melakukan kajian pencegahan banjir yang kerap terjadi terutama diakhir tahun. Pasalnya beberapa titik yang menjadi langganan banjir hingga kini masih terjadi sejak beberapa tahun lalu seperti Pasteur, Kopo, Gedebage dan Cimindi. (Faqih Rohman Syafei)