by

Promosikan Wisata KBB, Disparbud Gelar Anugerah Lomba Video Explore Bandung Barat

BandungKita.id, KBB – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menggelar even Penganugerahan Lomba Video Explore Bandung Barat di RM Sindang Reret, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (14/12/2021).

Even keren ini diikuti para konten kreator dan influencer di Bandung Barat maupun daerah lainnya. Namun, sesuai temanya “Explore Bandung Barat” seluruh peserta diwajibkan membuat dan menampilkan destinasi wisata di Bandung Barat baik yang sudah populer maupun destinasi wisata yang belum terjamah atau belum banyak dikenal masyarakat.

Kepala Disparbud KBB, Heri Partomo mengatakan pihaknya sangat gembira karena even ini mendapat sambutan hangat dari kaum milenial terutama para konten kreator dan influencer. Tercatat, ratusan orang konten kreator mengikuti even keren ini.

“Saya tidak menyangka even ini disambut antusias kaum milenial. Dari ratusan orang yang mendaftar, tercatat ada 212 konten video yang memenuhi syarat. Dari jumlah itu kita pilih lagi ada 17 video yang masuk nominasi. Semuanya keren-keren dan luar biasa,” kata Heri di sela-sela acara.

Tonton Juga:

Secara garis besar, kata dia, video “Explore Bandung Barat” terdiri dari tiga kategori yaitu culture (budaya), adventure (petualangan) dan nature (alam) yang diexplore para peserta. Ratusan video tersebut ditampilkan dalam berbagai platform seperti YouTube, Instagram, TikTok dan platform media sosial (medsos) lainnya.

“Luar biasa semuanya. Video-video yang ditampilkan, estetikanya sangat bagus dan keren sehingga membuat kita yang melihatnya ingin datang ke tempat wisata yang dipromosikan. Semoga dengan kegiatan ini, wisata Bandung Barat semakin dikenal dan didatangi wisatawan dari berbagai belahan dunia,” tutur Heri.

Heri bahkan menargetkan pada tahun depan, kunjungan wisatawan ke KBB akan meningkat beberapa kali dibanding tahun ini. Ia optimistis target tersebut dapat direalisasikan mengingat tren penurunan Covid-19 ditambah dengan semakin banyaknya warga yang sudah divaksinasi.

“Insya Allah dengan kegiatan-kegiatan promosi seperti ini, kunjungan wisatawan akan semakin meningkat karena seluruh potensi wisata KBB terinformasikan ke seluruh masyarakat Indonesia dan dunia. Karena saat ini promosi wisata bukan hanya dilakukan oleh pemerintah daerah, tapi juga wisatawan serta para konten kreator,” ujarnya.

Anugerah “Video Explore Bandung Barat” tersebut diharapkan menjadi agenda rutin tahunan guna terus mendongkrak dan mempromosikan pariwisata Bandung Barat yang sangat indah. Bahkan pada tahun depan, ia menyebut acaranya akan semakin keren dan bergengsi karena akan diikuti oleh para konten kreator dari seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, pada tahun depan, Heri juga menjanjikan akan banyak even menarik untuk mempromosikan pariwisata di KBB.

“Semuanya ada di Bandung Barat. Kami akan terus mempromosikan pariwisata KBB. Salah satunya, insya Allah tahun depan akan ada even internasional yaitu Bandung Barat Flower Festival. Itu kelasnya Internasional,” ungkap Heri.

Salah seorang peserta Lomba Video Explore Bandung Barat, Nurhayati mengaku sangat senang karena dengan ide kreatifnya, ia bisa ikut serta mempromosikan pariwisata Bandung Barat. Ia berharap even-even seperti itu akan menjadi agenda rutin guna memotivasi para konten kreator di Bandung Barat.

“Semoga video-video yang kami buat bisa bermanfaat dan membuat pariwisata KBB semakin dikenal dunia Internasional,” kata Nurhayati.

Sebagai informasi, Penghargaan Lomba Video Explore Bandung Barat yang digagas Disparbud KBB tersebut dibagi menjadi tiga kategori pemenang yakni kategori perorangan, kelompok dan kategori khusus. Seluruh pemenang mendapat hadiah uang tunai dan tropi khusus dari Disparbud dan sponsor. (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Comment