Sebut Ditipu Mandor, Warga KBB Terdampar Di Kalimantan

KBB, Peristiwa203741 Views

BandungKita.id, PERISTIWA – Sejumlah orang yang mengaku berasal dari Kabupaten Bandung Barat, Viral setelah mengunggah video minta tolong di media sosial, Nasib nahas menimpa mereka usai ditipu mandornya.

Video yang diunggah ulang oleh akun David Riksa Buana pada Rabu 25 oktober 2023 pukul 12:44 Wib ini awalnya menulis permintaan tolong dikolom Facebooknya.

“Assalamualaikum selamat siang rekan dan sahabat FB, barangkali diantara rekan dan sahabat ada yang berdomisili di Samarinda atau Balikpapan, saya berniat minta tolong, sehubungan ada warga masyarakat Bandung Barat terlantar di Tenggarong, yang berkenan membantu mohon inbox, tks” Tulis david.

Tampak dalam Video berdurasi 53 detik tersebut, seorang pria bersama temannya Karena tak punya ongkos untuk pulang, perjalanannya dari Kalimantan banyak menyiratkan kisah memilukan.

“Assalamualaikum Pa ini Saya warga Bandung barat,terdampar dikalimantan da gajihannya Rabu, Kamis Jumat (terus diundur) sudah tiga minggu, ada yang 26 hari terdampar, memohon bantuannya kepada Bapak-bapak supaya bisa pulang, semua warga Bandung Barat, mandornya tidak bertanggung jawab, kantorpun sudah angkat tangan (sesekali ditimpal temannya), istri dirumah sudah teriak teriak” ucap salah satu pria dalam video tersebut.

Menurut Informasi yang didapat dari pemilik akun, David Riksa Buana yang mengaku berkomunikasi dengannya, David tengah sedang melakukan pendampingan untuk proses pemulangan.

“menurut pengakuan mereka, mendapatkan bantuan dari keluarga nya sendiri, total 19 orang, 2 orang pulang sendiri seminggu yang lalu, 4 orang pulang sendiri 3 hari yang lalu, 13 orang sedang bergerak menuju Surabaya” ungkap David yang juga sebagai ketua LSM Trapawana ini.

David, sapaan akrab aktivis kemanusiaan ini, menyebut belum ada pihak lain dan Pemerintahan yang memberikan bantuan kongkrit.

“Sedang dalam pendampingan Saya, Posisi terakhir sedang menuju Surabaya dengan kapal laut, Kang Sampai dengan hari ini belum ada yang membantu secara signifikan, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat juga belum, hanya sebatas koordinasi, setelah hal ini Viral” Tulisnya melalui kolom komentar kepada Bandungkita.id kamis 26 oktober 2023.

David mengungkapkan warga Bandung barat yang saat ini dalam perjalanan menuju Surabaya tersebut adalah warga Bandung Barat wilayah selatan.

“Diantaranya adalah Warga Kecamatan Gunung Halu, Rongga, Sindangkerta, Cililin, Cihampelas menurut pengakuan mereka, mendapatkan bantuan dari keluarga nya sendiri, total 19 orang, 2 orang pulang sendiri seminggu yang lalu, 4 orang pulang sendiri 3 hari yang lalu, 13 orang sedang bergerak menuju Surabaya” Tulis david seraya berharap ada pihak lain membantu dirinya dalam memulangkan sejumlah warga yang terdampar. (Dhomz/ BandungKita.id)