Baca Al-Quran Yuk! Ini 5 Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Ramadan Menurut Kang DS

Kajian Islam, Sosok, Terbaru122562 Views

BandungKita.id, Sosok Kita – “Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat berbeda dan Allah spesialkan untuk ummat Islam. Di bulan Ramadan segala amalan menjadi berkali lipat pahalanya termasuk banyak hikmah yang bisa diambil sekaligus ketika menjalankan ibadah puasa”.

Itulah narasi pembuka Dadang Supriatna saat Bandungkita berkesempatan mewawancara Bupati Bandung disela-sela kegiatan Itikafnya di Madinah Saudi Arabia melalui saluran Telephone Kamis, 4 April 2024.

Lebih jauh, Kang DS sapaan Akrab Bupati yang berhasil meraih 313 penghargaan dari berbagai kalangan ini menyebutkan, salah satu amalan yang paling dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan.

“Salah satu amalan yang paling dianjurkan ketika bulan Ramadan adalah membaca Al-Quran. Akan tetapi, membaca di sini tidak hanya sekedar membaca teksnya saja melainkan membaca dan mentadaburi arti atau makna Al-Quran. Dari situ kita akan mendapatkan banyak hikmah dan ilmu yang luas dari Al-Quran” ungkapnya

Dalam percakapan singkat tersebut. Bupati Bandung menyebutkan point dasar keutamaan membaca Al-Quran di bulan Ramadhan dan Bandungkita akan coba menguraikan lima keutamaan yang dimaksud kang Ds tersebut.

Berikut adalah 5 keutamaan yang bisa didapatkan seorang muslim jika mereka membaca Al-Quran di bulan Ramadhan 

1. Mendapatkan Pahala Berkali Lipat

“Pada malam pertama bulan Ramadhan syetan-syetan dan jin-jin yang jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pun pintu yang terbuka dan pintu-pintu surga dibuka, tidak ada satu pun pintu yang tertutup, serta seorang penyeru menyeru: “Wahai yang mengharapkan kebaikan bersegeralah (kepada ketaatan), wahai yang mengharapkan keburukan/maksiat berhentilah”. Allah memiliki hamba-hamba yang selamat dari api neraka pada setiap malam di bulan Ramadhan”. (Al Hadist)

Ilustrasi membaca Alquran (foto:net)

Dalam hadist di atas menyebutkan bahwa saat bulan Ramadhan, pahala kita akan dilipatgandakan. Maka itu termasuk ketika membaca Al-Quran maka kita pun akan mendapatkan berkali lipat pahala selama niatnya adalah lurus karena ingin beribadah dan memahami Al-Quran secara benar.

Di bulan ini Allah memberikan ganjaran lebih sebagai motivasi umat Islam, tentu saja dengan harapan bahwa kita tidak akan meninggalkan kebiasaan tersebut ketika telah selesai bulan Ramadhan. Untuk itu, yang terpenting bukan hanya pada saat Ramadhan membacanya secara rutin, melainkan bagaimana konsistensi dan menjadi kebiasaan yang baik seusai Ramadhan.

2. Menjauhi dari Godaan Syetan

Ketika membaca Al-Quran, maka kita akan terfokus pada apa yang kita baca. Untuk itu, kebiasaan membaca Al-Quran tidak disenangi syetan karena dengan hal itu membuat setan sulit untuk menggoda dan membisikkan hal-hal buruk pada manusia. Membaca Al-Quran juga menjauhkan kita untuk berbuat maksiat sebagaimana disukai oleh syetan.

BACA JUGA :

Urgensi dan Tuntunan Zakat dalam Islam, Seperti Apa?

Yuk Bersedekah! Subhanallah, Ini Dia 12 Hikmah dan Keajaiban Sedekah Dalam Islam

Syetan tentu membenci mereka yang membaca Al-Quran karena dengannya kita semakin kuat terhadap fungsi iman kepada Allah SWT dan manfaat beriman kepada Allah SWT. Selain itu muncul juga dalam diri kita sebagaimana keutamaan cinta kepada Rasulullah, dan menjalankan apa yang ada dalam fungsi Al-Quran bagi umat manusia. Syetan tentu tidak suka dengan orang-orang seperti itu.

Orang yang tidak banyak beribadah, mengingat Allah, serta melakukan amalan shaleh maka akan lebih berpeluang digoda oleh syetan. Hal ini dikarenakan dalam hati dan pikirannya kosong tidak menentu, untuk itu mudah untuk dikelabui, didorong, dan dikendalikan oleh hawa nafsu.

3. Menjadikan Waktu Lebih Produktif

Membaca Al-Quran membuat kita juga lebih produktif. Produktif dalam hal ini tentu sangat baik di bulan Ramadhan. Walaupun fisik kita diuji dan dicoba dengan tidak makan dan minum, tentunya kelelahan dan bosan akan datang. Tetapi, waktu ini akan lebih produktif jika kita gunakan dengan hal-hal bermanfaat termasuk membaca Al-Quran.

Untuk itu, jangan sampai produktifitas tidak bisa dapatkan hanya gara-gara lemas dan malas dalam beribadah di bulan Ramadhan. Jangan sampai dilewatkan, karena Ramadan hanya datang satu kali dalam satu tahun dan belum tentu menemuinya lagi saat tahun depan.

Oleh karena itu, produktiflah dalam beraktifitas. Dengan membaca Al-Quran kita akan produktif, bukan hanya mendapatkan pahala tetapi mendapatkan ilmu, hikmah, dan ketenangan hati kita.

Ilustrasi membaca Alquran (foto:net)

4. Mendekatkan Diri Pada Al-Quran dan Islam

Membaca Al-Quran di bulan Ramadan juga dapat membuat kita semakin mendekatkan diri kepada Al-Quran dan Islam. Kesempatan mendekatkan diri ini tentu saja tidak selalu kita dapatkan saat hari-hari biasa.

Membaca Al-Quran di bulan Ramadan didorong juga dari pahala Allah yang dilipatgandakan, suasana umat Islam yang tinggi animonya, dan pengondisian lingkungan yang semakin Islami.

Dengan membaca Al-Quran di bulan Ramadan tentunya kita akan lebih mengenal Allah, Islam, dan segala seluk beluk perintahnya. Walaupun masih banyak yang salah mengenai bacaan atau tajwid dalam Al-Quran tentu tidak perlu menjadikan kita patah semangat karena membaca Al-Quran bukanlah suatu hasil melainkan proses.

Yang terpenting ada niat baik dari kita untuk menjadi muslim yang kaffah dengan membacanya secara rutin.

BACA JUGA :

Meraih Sakinah Dalam Berumah Tangga

Perbanyaklah Amalan Ini Agar Dicintai Allah

5. Membangun Pikiran Positif

Di dalam Al-Quran berisi berbagai ilmu dan juga hikmah yang positif. Dengan membacanya, tentu saja hal ini juga akan mempengaruhi pikiran kita menjadi lebih positif terutama di bulan Ramadhan.

Walaupun diuji dengan lemasnya fisik, tentu pikiran kita akan baik karena dipengaruhi oleh hikmah dan ilmu positif tersebut. Untuk itu, tidak rugi jika kita membaca Al-Quran sebaik-baiknya.

Selain itu, dengan membaca Al-Quran di bulan Ramadan kita menjadi terkondisikan dan akan lebih sering memikirkan sesuatu berdasarkan dalil agama, bukan hawa nafsu atau dorongan negatif kita. Dengan begitu, Ramadan akan lebih indah dan bermakna.

Semoga, bulan Ramadan yang dijalani nantinya akan menjadi lebih baik dari Ramadan sebelumnya dan menjadi Ramadan yang terbaik. Untuk bisa menjadi Ramadan terbaik, maka salah satunya dengan membaca Al-Quran yang harus menjadi kebiasaan dan konsisten dilakukan bahkan setelah Ramadan berlalu. (BandungKita.id)

Sumber :  dalamiislam

Video Pilihan:

Comment