Sein Farm Resmi Ditunjuk sebagai Pusat Pengembangan Sorgum di Indonesia

Kota Bandung39958 Views

Bandungkita.id, KOTA BANDUNG – Sein Farm yang terletak di Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, kini resmi menjadi pusat pengembangan sorgum di Indonesia. Penetapan ini diumumkan dalam rangkaian acara Permata Bandung Festival, sebuah inisiatif besar yang diusung oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bekerja sama dengan Universitas Pasundan (Unpas) untuk memperkuat ketahanan pangan lokal.

Pengembangan Sorgum untuk Ketahanan Pangan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar, menyatakan bahwa pemilihan Sein Farm sebagai pusat sorgum merupakan langkah strategis untuk mengoptimalkan potensi sorgum sebagai tanaman multifungsi. “Sorgum memiliki masa depan yang cerah sebagai sumber pangan dan pakan ternak. Melalui pengembangan di Sein Farm, kami berharap bisa memaksimalkan manfaat sorgum bagi masyarakat,” ujar Gin Gin.

Sein Farm akan fokus pada budidaya sorgum dengan metode yang efisien dan ramah lingkungan. Gin Gin menjelaskan bahwa berbagai varietas sorgum akan dikembangkan agar sesuai dengan kondisi iklim dan tanah di Kota Bandung. “Kami akan mengembangkan berbagai varietas sorgum yang cocok untuk kondisi iklim dan tanah di Kota Bandung,” kata Gin Gin.

Manfaat Sorgum yang Luas

Pemanfaatan sorgum di Sein Farm tidak hanya terbatas pada pakan ternak, tetapi juga sebagai bahan pangan untuk manusia. “Sorgum bisa diolah menjadi berbagai produk pangan, seperti tepung, roti, dan makanan ringan. Ini akan meningkatkan nilai tambah dan diversifikasi produk pertanian,” jelas Gin Gin.

Sein Farm juga akan berfungsi sebagai pusat penelitian dan pengembangan sorgum. “Kami bekerja sama dengan Universitas Pasundan dan lembaga penelitian lainnya untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas sorgum,” ungkap Gin Gin.

Dukungan dari Berbagai Pihak

Sein Farm mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk BRI dan Universitas Pasundan (Unpas). Dirut BRI Cabang Ahmad Nasution, Ferdian Handoko, menyampaikan komitmennya untuk mendukung pengembangan kawasan ini. “Alhamdulillah, kami diberi kesempatan untuk menyerahkan CSR bantuan agrowisata. Kami berharap kawasan ini memberi dampak positif bagi masyarakat sekitar dan Kota Bandung,” kata Ferdian.

Sedangkan Direktur Pascasarjana Unpas, Eddy Jusup, berharap Sein Farm dapat menjadi model sukses dalam pengembangan sorgum. “Dengan kebersamaan dan kolaborasi, kami berharap Sein Farm bisa menjadi pusat edukasi pertanian dan budaya yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Eddy.

Langkah Penting untuk Ketahanan Pangan Nasional

Eddy juga menegaskan bahwa penetapan Sein Farm sebagai pusat pengembangan sorgum di Indonesia merupakan langkah penting dalam memperkuat ketahanan pangan nasional. “Dengan berbagai program yang telah direncanakan, Sein Farm diharapkan dapat menjadi contoh sukses pengembangan tanaman sorgum yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat luas,” pungkasnya.

Dengan penetapan ini, Sein Farm diharapkan mampu menjadi pionir dalam pengembangan sorgum, memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, serta mendukung ketahanan pangan di Indonesia.

Comment