by

Ini Strategi Oded Atasi Kemacetan di Kota Bandung

BandungKita.id – Dalam momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bandung ke-208, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memberikan layanan spesial bagi masyarakat umum. Pemkot memberikan layanan spesial bus Trans Metro Bandung (TMB) dengan harga spesial sebesar Rp 500.
Tarif spesial tersebut dapat mulai dinikmati masyarakat mulai 25 September hingga 16 Oktober 2018 mendatang.
Wali Kota Bandung Oded Mohamad Danial mengatakan, tarif spesial tersebut berlaku untuk tiga koridor yakni koridor Cibiru- Cibeureum, Cicaheum-Cibeureum, Leuwi Panjang-Ledeng. Tarif ini berlaku untuk pengguna sistem tiket elektronik.
“Tarif ini sangat murah. Ini jadi stimulus agar masyarakat lebih tertarik untuk menggunakan transportasi publik,” ujar Oded kepada BandungKita.id saat ujicoba TMB di Taman Cikapayang, Jalan Dago Bandung, Jumat (28/9/2018).
Untuk tarif normal, tiket TMB seharga Rp3.000 untuk penumpang umum. Sedangkan untuk pelajar tarifnya Rp1.500.
Selain memberikan layanan spesial bagi masyarakat, kata Oded, program tarislf bis murah tersebut merupakan salah satu inovasi untuk mengurai persoalan kemacetan di Kota Bandung.
Sebab menurutnya, diperlukan sebuah cara untuk membuat masyarakat beralih dari transportasi pribadi ke transportasi publik.
Terlebih berdasarkan data yang dimilikinya, sambung Oded, di Kota Bandung setiap harinya terdapat 100 sepeda motor baru yang dibeli masyarakat. Sedangkan, kendaraan roda empat bertambah 30 unit per hari.
“Persoalan Kota Bandung yang masih krusial itu kemacetan. Karena motor dan mobil terus bertambah. Sedangkan jalannya tidak bertambah. Jadi kita mencoba meminimalisir kemacetan dengan mengkampanyekan kepada warga Bandung dengan berbagai cara salah satunya mengadakan agenda acara ujicoba TMB gope ini,” bebernya.
Oded pun menyebut bahwa Pemkot Bandung terus memperbaiki pelayanan transportasi publik. Selain menghadirkan infrastruktur juga pelayanan harus dikedepankan agar masyarakat merasa nyaman naik transportasi umum.
“Saya kira sebagai pemerintah tugas pokok fungsinya menghadirkan kenyamanan untuk masyarakat. Jadi pemerintah hadir memberikan kenyamanan kepada masyarakat dari sisi transportasi ini,” ucapnya.
Oded pun berkesempatan untuk mencoba layanan bus TMB. Oded naik bus TMB dari Cikapayang hingga shelter Suci. Ia mencoba layanan bus TMB bersama Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi dan sejumlah warga.
Bagi yang belum memiliki tiket elektronik, masyarakat bisa mendapatkannya di 8 bank yang telah bekerja sama dengan Pemkot Bandung. Bank-bank tersebut antara lain BJB, Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BCA, Bank Woori Saudara, dan Bank Mega. Untuk mendapatkan kartu ini, pengguna dapat mengunjungi bank terdekat atau melalui minimarket dengan membeli seharga Rp20.000–Rp25.000. (bki)
Editor : M Zezen Zainal M

Comment