by

Antisipasi Rabies, Pemkot Cimahi Bangun Fasilitas Rawat Inap Hewan

BandungKita.id – Guna mencegah persebaran kasus rabies di Kota Cimahi, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi serta Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) meminta pemilik hewan peliharaan seperti anjing dan kucing di Kota Cimahi agar rajin memberikan vaksin.

Bila tak bisa membawa hewan peliharaan mereka ke dokter hewan untuk divaksinasi, Pemkot Cimahi membuka layanan vaksinasi gratis bagi para pemilik hewan peliharaan terutama pemilik anjing dan kucing di Puskeswan Cimahi.

“Sebenarnya sejak 1994, Cimahi nihil kasus rabies. Tapi kita harus antisipasi. Kalau ada yg terjangkit bisa saja dimusnahkan,” ujar Walikota Cimahi, Ajay M Priatna saat ditemui BandungKita.id di Puskeswan Kota Cimahi.

Di samping memberikan vaksinasi gratis, jurus yang dilakukan Ajay untuk mencegah persebaran kasus rabies di Kota Cimahi yakni dengan mengintruksikan para petugas untuk berpatroli serta mencari informasi mengenai ada tidaknya hewan yang terjangkit rabies.

“Kita juga sedang membangun layanan rawat inap karena sekarang kan memang belum ada. Kita juga akan menyediakan satu unit mobil Puskeswan keliling,” tutur Ajay.

Untuk memberikan pelayanan pada masyarakat, saat ini ada 10 petugas Puskeswan dan 5 dokter hewan, yang melayani pengobatan hewan hingga vaksinasi terhadap hewan.

“Setiap hari Puskeswan selalu dipadati masyarakat yang membawa hewannya, untuk berobat, vaksin, atau keperluan lainnya,” ujarnya. (Sdk/BandungKita.id)

Comment