oleh

Ayo Kunjungi 7 Tempat Wisata Alam Keren di Bandung Barat Ini, Dijamin Terpesona

BandungKita.id, KBB – Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang bersebelahan dengan Kota Cimahi, tak hanya menawarkan liburan seputar Lembang. Jadi, bila singgah di KBB dan ingin mencoba liburan yang berbeda, tak ada salahnya untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata alam berupa air terjun dan tempat wisata alam lainnya yang tersebar di KBB. Dijamin destinasi alam di KBB itu sangat keren dan membuat mata terpana. Berikut BandungKita.id rangkum beberapa lokasi wisata tersebut, dijamin indah. Cekidot:

1. Curug Malela
Curug Malela sudah mulai terkenal sebagai salah satu Objek wisata favorit di Kabupaten Bandung Barat. Curug ini sangat indah karena disebut-sebut mirip air terjun Niagara di Amerika. Untuk sampai ke Curug Malela, kamu harus berjalan kaki dengan waktu sekitar 1 jam sebelum menuju curug ini. Tiket masuk saat ini dikenakan Rp.10.000 saja. Lokasinya di Kampung Maglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga.

2. Curug Cimahi/ Curug Pelangi
Berada di jalur wisata Jalan Kolonel Masturi, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat, tak sulit menemukan air terjun yang berada di tepi jalan ini.

Hanya, untuk mencapai air terjun yang juga dikenal sebagai Curug Pelangi ini memang perlu menuruni sekitar 500 anak tangga. Untuk sekadar menikmati dari jauh air terjun setinggi 87 meter ini dan pemandangan alamnya, ada dua dek yang dipasang sebelum air terjun. Pada malam hari, ada keindahan berbeda berupa lampu-lampu yang dipasang seputar air terjun.

3. Curug Ngebul
Jika beberapa kali anda mengunjungi daerah wisata alam dan batal karena terlalu banyak orang, tidak halnya dengan satu wisata alam yang masih sangat perawan ini. Terletak di Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Kp. Cisitu, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, ada satu curug yang masih sangat perawan dan tersembunyi dari khalayak umum. Namanya, Curug Ngebul.

Curug ini bisa dibilang masih murni dan bersih dari jamahan tangan jahil para pengunjung, karena Curug Ngebul belum dikelola oleh pihak manapun.

Dikarenakan masih tersembunyi, akses menuju Curug Ngebul ini cukup sulit dan hanya bisa mengandalkan warga sekitar sebagai penunjuk arahnya. Karena belum ada petunjuk jalan sama sekali untuk menuju lokasi. Untuk arah pertama yang harus anda lalui adalah Cililin. Dari Cililin, teruslah melaju ke arah Gununghalu. Sesampainya di Gununghalu, arahkan kendaraan anda ke Desa Celak Kidul, ketika anda sampai di Celak Kidul, tanyakanlah pada warga sekitar jalan setapak menuju Curug Ngebul.

4. Curug Panganten
Curug Panganten memiliki ketinggian mencapai 50 meter, airnya lumayan deras dan suasana alamnya sangat alami. Kamu bisa berkunjung kesini untuk menikmati kesegaran airnya, salah satu spot yang cukup baik untuk fotography. Lokasinya berada di Jl. Raya Cihanjuang, KM 5.6, Ds Padaasih, Kec. Cisarua. Cukup bayar Rp.5000 saja untuk masuk kesini.

5. Stone Park
Yang satu ini lokasinya berbeda dibanding empat obyek wisata di atas. Berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat Kota Padalarang, tempat ini berupa pegunungan kapur di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Bebatuan di puncak Bukit Pawon dengan ketinggian 900 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan luas 2 hektare ini kini dikenal sebagai Taman Batu atau Stone Park. Keberadaan gunung kapur ini terkait dengan danau purba. Yang menarik bagi kebanyakan pengunjung tentu untuk berswafoto atau foto pre-wedding.

6. Gua Pawon
Lokasinya tak jauh dari Stone Park, termasuk Desa Gunung Masigit, Cipatat, Bandung Barat. Gua ini dikenal di kalangan arkeolog karena menyimpan tulang-belulang manusia purba, perabotan, dan batuan yang berumur ribuan tahun. Panjang gua 36 meter dan lebar 16 meter.

7. Sanghyang Heuleut
Berupa danau kecil yang dikelilingi bebatuan indah mirip green canyon. Merupakan bagian dari Citarum Purba. Spot-spot foto di Sanghyang Heuleut sangat mempesona dan membuat mata teropana. Lokasinya di Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat.(ZEN/BandungKita.id)

Komentar