Kadishub Kota Bandung Optimis Operasi Cabut Pentil Bakal Atasi Kemacetan

BandungKita.id. BANDUNG – Persoalan kemacetan di Kota Bandung semakin hari kian parah, salah satu penyebabnya adalah masih banyaknya pengendara yang parkir sembarangan.

Demikian disampaikan Kadishub Kota Bandung Didi Ruswandi saat dihubungi BandungKita.id pada Selasa (18/12/2018). Menurutnya, parkir sembarangan dapat diatasi salah satunya dengan operasi cabut pentil (Catil)

Didi mengatakan, jika satu pengendara parkir ditempat sembarangan maka dapat dipastikan laju kendaraaan lainnya akan terhambat

“Misal kalau ada yang parkir di badan jalan, kan itu tidak boleh, kita mau tegas, salah satunya dengan melakukan oprasi cabut pentil,” kata Didi

Meski begitu Didi menjelaskan tidak semua pengguna jalan serta merta dicabut pentil, namun ada beberapa tahapan, yakni mulai dari pengusiran, penilangan dan penempelan stiker.

“Kalau pas kita operasi yang punya kendaraan gak datang-datang, baru kita lakukan Catil,” lanju Didi

Seperti yang terjadi pada Senin (17/12/2018) sebanyak 37 unit roda dua dan 27 runit roda empat dicabut pentil lantaran melanggar

Data tersebut dilaporkan Dishub Kota Bandung diakun instagrmanya, total palanggaran yang terjadi sebanyak 108 pelanggaran dengan rincian 49 pelanggaran parkir ditrotoar, 46 pelanggaran  parkir dibawah rambu, 3 pelanggaran parkir di jembatan, 1 pelanggaran parkir dipersimpangan, serta 9 pelanggaran lainya.

Dari data yang sama, tindakan yang dialakukan Dishub bermacam macam, mulai dari cabut pentil sebanyak 64 tindakan, tilang polisi 9 tindakan, penempelan stiker 1 tindakan, dan penindakan lainya.

Operasi yang dilakuakn sejak pukul 09.50 WIB sampai 12.20 WIB tersebut, mengambil rute mulai dari Jalan Banceuy, Jalan  ABC, Jalan Braga, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Watukencana, Jalan LLRE. Martadinata, Jalan Banda, Jalan Cilamaya, Jalan Diponegoro, Jalan PHH Mustofa, Jalan Surapati, Jalan Aceh, Jalan Merdeka, Jalan Braga, Jalan Suniarja, Jalan Otista, dan Jalan Kepatihan.

Didi berharap operasai cabut pentil dapat meningkatkan disiplin pengendara, sehingga kemacetan bisa teratasi.

“idealnya agar tidak macet yah gunakan angkutan umum saja. Kalau soal parkir sembarangan kan kita tahu yah mengambil hak orang lain itu ngga boleh jadi kalau mau parkir, parkirlah ditempat yang memang diperuntukan untuk parkir,” pungkasnya. (TRH/BandungKita)

Comment