oleh

Roller Barrier Kini Sudah Terpasang di Jalan Tutugan Leles

BandungKita.id, GARUT – Roller barrier atau pagar pembatas berbentuk tabung silinder telah dipasang di Jalan Tutugan Leles. Pemasangan pembatas itu untuk mengurangi dampak kecelakaan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Garut, Suherman mengatakan pemasangan roller barrier di Jalan Tutugan Leles dilaksanakan akhir tahun lalu. Dari empat titik yang akan dipasang, baru satu pembatas yang sudah terealisasi.

“Jalan Tutugan Leles itu memang rawan kecelakaan. Soalnya jalan berliku dan menurun,” ucap Suherman di Lapangan Setda Garut, Selasa (15/1/2019).

Pemasangan roller barier tersebut merupakan bantuan dari Pemprov Jabar. Akan ada empat titik roller barrier yang dipasang di Garut.

“Sekarang baru satu di Tutugan Leles dengan panjang 15 meter. Nanti akan ada satu lagi di Tutugan. Yang dua lagi di perbatasan Garut-Bandung,” katanya.

Pagar pembatas itu, disebut lebih aman. Pasalnya saat kendaraan menabrak roller barrier, bisa menyerap energi benturan dan kemudian menjadi energi rotasi. Kendaraan bisa kembali terdorong ke jalurnya.

“Safety kendaraan akan lebih terjaga. Saat ada yang oleng (kendaraan) tidak akan langsung rusak,” ucapnya.

Pada anggaran tahun 2019, Dishub Garut juga sudah mengajukan pagar pembatas di 12 titik. Terutama di jalur provinsi yang rawan kecelakaan dan jalur menuju objek wisata.

“Seperti di daerah Garut selatan menuju objek wisata itu akan dipasang. Mulai dari Cikajang, Pameungpeuk, Bungbulang, serta turunan Cisewu menuju Rancabuaya,” katanya.

Jalan Garut-Tasik di Kecamatan Cilawu juga akan dipasang roller barrier. Di jalur tersebut, akan ada empat titik pemasangan pagar pembatas.

“Sebenarnya masih kurang. Tapi minimal bisa mengurangi tingkat kecelakaan,” ucapnya.***(Rul/BandungKita)

Komentar