Pemkab Bandung Targetkan Tahun 2020 Bebas Sampah

BandungKita.id, BANDUNG – Dalam rangka melaksanakan percepatan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung bebas sampah di tahun 2020, sebanyak 25 Kepala Desa di wilayah Kabupaten Bandung mengekspos pencapaian program Kampung Sabilulungan Bersih (Saber) tahun 2018, dihadapan Bupati Kabupaten Bandung, Dadang Naser, di Rumah Jabatannya, Soreang, Selasa (22/01/2019) kemarin.

Mengapresiasi hal itu, Dadang Naser bersyukur atas upaya yang dicapai oleh para Kepala Desa yang melibatkan masyarakat untuk berperan aktif dalam menuntaskan masalah lingkungan di Kabupaten Bandung.

Program Saber ini, jelas Dadang bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang secara mandiri dapat memahami permasalahan lingkungan hidup. Namun selain itu, menurutnya kampung Saber merupakan upaya mencari solusi serta melakukan pengelolaan lingkungan hidup secara konsisten dan berkelanjutan.

“Program ini terbukti dapat membangkitkan semangat kolaborasi program antar PD (Perangkat Daerah) terkait, mendorong kebijakan pembangunan desa yang pro-lingkungan dan menciptakan kader-kader lingkungan militan di desa masing-masing,” jelasnya.

Dadang juga meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung mampu menginisiasi dan memberikan motivasi kelompok kader. Selanjutnya DLH mengembangkan potensi desa untuk dapat berkolaborasi dengan pihak lain termasuk PD terkait.

Kepala DLH Kabupaten Bandung Asep Kusumah, menerangkan fasilitator kampung Saber merupakan warga Kabupaten Bandung yang memiliki komitmen dan terbukti sudah melakukan perubahan untuk Kabupaten Bandung.

“Fasilitator direkrut dari dari tokoh-tokoh yang telah berprestasi dan berhasil mengharumkan nama Kabupaten Bandung, baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional,” imbuh Asep Kusumah. (DIN/Bandungkita.id)

Comment