Doyan Makan Mie Namun Ingin Tetap Sehat, Ikuti 3 Tips Berikut Ini

BandungKita.id, HEALTH – Teksturnya yang khas dengan cita rasa gurih membuat siapa saja jatuh hati. Ya, mie memang jadi makanan favorit banyak orang dari segala usia. Berawal dari China, pamor mie kini sudah mendunia. Indonesia sendiri punya beragam olahan mie yang jadi makanan khas di berbagai daerah.

Konsumsi mie diyakini bisa membuat kenyang lebih lama dan menunda rasa lapar. Tapi, kandungan utama dalam mie, yakni karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Selain itu, konsumsi mie berlebihan juga bisa menimbulkan sembelit, terlebih jika diolah tanpa menggunakan bahan tambahan serat.

Tapi jangan khawatir, Anda tetap bisa menikmati kelezatan mie tanpa menimbulkan efek berbahaya untuk kesehatan. Untuk itu, ada beberapa tips mengonsumsi mie yang disampaikan oleh dr. Juwalita Surapsari Sp.GK seperti dikutip dari viva, Minggu (10/2/2019).

1. Pilah pilih mie

Sebaiknya pilih jenis mie yang bukan merupakan mie instan. Dengan begitu, Anda bisa mengatur bumbu serta kadar garam dalam masakan.

Memilih mie juga jangan sembarangan. Untuk menjamin higienitas, pastikan mie mencantumkan izin edar dari BPOM.

Waspada terhadap mie berformalin yang marak ditemukan. Cara mengenali mie berformalin yakni tekstur mie lebih kenyal dan kaku. Selain itu, jika dipapar dalam suhu ruang, tidak ada lalat yang hinggap di mie tersebut.

2. Tambahkan sayuran dan sumbe protein

Mie memang termasuk sumber karbohidrat, tapi mie tidak bergizi. Sebab, kandungan karbohidrat dalam mie berbeda dengan karbohidrat kompleks.

Oleh sebab itu, untuk memastikan kandungan nutrisi dalam sajian mie, Anda harus melengkapinya dengan sayuran serta protein seperti ayam, telur hingga seafood. Konsumsi mie saja memang bisa mengenyangkan, tapi tidak ada kandungan gizinya.

3. Jangan terlalu sering

“Mie merupakan karbohidrat sederhana yang kandungan seratnya sangat sedikit. Jika tidak diimbangi cukup serat dari buah dan sayur timbul gejala sulit buang air besar,” kata Juwalita.

Maka jika Anda terlalu banyak atau terlalu sering mengonsumsi mie, bisa memicu sembelit atau kesulitan buang air besar. Konsumsi mie masih aman untuk kesehatan, selama tidak berlebihan dan dengan tambahan bahan lain untuk memenuhi kebutuhan gizi.(M Zezen Zainal M)

 

Editor : M Zezen Zainal M

Comment