oleh

10 Menu Sarapan yang Bisa Bikin Langsing, Semuanya Enak!

BandungKita.id, HEALTH – Bagi beberapa orang, melakukan sarapan adalah keharusan. Namun, ada juga yang menghindari sarapan khususnya yang terlalu dini karena melakukan diet intermittent fasting. Nah, kira-kira mana yang benar? Boleh sarapan atau tidak?

Sebenarnya kalau membicarakan sarapan kita tidak bisa menyangkutkannya dengan diet. Setiap aturan diet memiliki cara sendiri dan unik. Sementara itu sarapan adalah hal dasar yang harus dilakukan untuk memperoleh tenaga di pagi hari.

Setiap malam, kita akan tidur selama 7-9 jam. Saat tidur tubuh akan puasa. Begitu bangun, tubuh akan kehabisan energi sehingga mau tidak mau harus diisi. Meski sarapan boleh dilakukan kita tidak boleh sembarangan makan.

Menu Sarapan yang Bikin Langsing

Ada beragam pilihan menu sarapan yang bisa Anda pilih. Jika memiliki tujuan untuk punya tubuh langsung, maka cobalah untuk mengonsumsi beberapa jenis menu sarapan yang bikin langsing berikut ini:

1. Telur

Telur adalah superfood yang paling mudah didapatkan dan harganya relatif murah. Bahan makanan ini mengandung banyak nutrisi seperti protein yang baik untuk pagi hari. Selain itu telur juga mampu memberikan rasa kenyang lebih cepat sehingga kemungkinan mengalami kelebihan makanan akan rendah.

Konsumsi 2-3 butir telur untuk sarapan. Anda buat membuatnya menjadi omelet atau direbus saja. Temani telur dengan beberapa jenis sayuran agar nilai gizinya lengkap.

2. Smoothies

Smoothies biasanya terbuat dari beberapa jenis sayuran dan buah rendah kalori, sehingga tergolong sebagai menu sarapan yang bikin langsing. Dengan campuran ini Anda akan menyuplai banyak serat di tubuh dan membuat perut kenyang lebih lama.

Saat membuat smoothies, pastikan untuk tidak menggunakan bahan dengan kalori tinggi dan harus ada seratnya. Protein bubuk boleh digunakan, tapi hanya satu takaran saja maksimal.

3. Pisang

Pisang mengandung banyak serat dan rendah karbohidrat. Satu porsi pisang hanya mengandung 100 kalori. Meski demikian, pisang bisa menurunkan keinginan untuk makan karbohidrat terlalu banyak.

Sebagai pilihan menu sarapan yang bisa bikin langsing, Anda bisa mengonsumsi pisang dalam bentuk buah atau dicampur dengan sayur untuk smoothies. Dengan melakukan ini, perut akan kenyang lebih lama dan membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

4. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan sehat yang sangat cocok untuk sarapan dan menurunkan berat badan dengan cepat. Makanan yang bisa dicampur susu atau hanya air panas ini juga tinggi serat dan sangat rendah kalori sehingga cocok untuk sarapan tanpa membuat kantuk.

Oatmeal juga mengandung beta-glucan. Zat ini bisa mengendalikan gula darah pada penderita diabetes dan juga menurunkan nafsu makan yang berlebihan.

5. Buah Kiwi

Kiwi dikenal sebagai buah yang dikenal sebagai pencahar alami. Mengonsumsi kiwi dalam jumlah banyak bisa menurunkan kadar air berlebihan di dalam tubuh yang selama ini ikut menyumbang kenaikan berat badan.

Buah dengan warna hijau ini juga mengandung pektin. Senyawa ini dikenal sebagai penurun nafsu makan sehingga Anda lebih bisa mengontrol kalori yang masuk. Oleh karena itu, tak heran kalau kiwi adalah menu sarapan yang bikin langsing.

6. Yogurt

Yogurt dikenal sebagai makanan dengan kandungan protein yang cukup tinggi. Kandungan protein ini bisa meningkatkan energi di dalam tubuh dan mencegah Anda mudah lapar saat siang hari. Yogurt juga tidak terlalu banyak mengandung kalori. Oleh karena itu, kemungkinan meningkatkan obesitas sangat kecil.

7. Kacang-kacangan

Kacang juga baik dikonsumsi saat sarapan. Kandungan karbohidrat, lemak sehat, dan serat yang tinggi bisa meningkat asupan kalori harian dan meningkatkan penurunan berat badan. Kacang tetap memiliki banyak lemak, maka ada baiknya untuk membatasinya atau campurkan ke beberapa makanan seperti yoghurt atau salad.

8. Biji Rami

Biji rami banyak mengandung omega-3 dan juga serat. Campurkan biji rami atau flaxseed yang sudah disangrai dan dihancurkan di atas jus atau smoothies. Anda akan lebih kenyang, sehat, dan anti obesitas.

9. Buah Beri

Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan, mengonsumsi beri akan menurunkan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu peluang menurunkan berat badan juga sangat besar.

Sebagai pilihan menu sarapan yang bikin langsing, Anda bisa mengonsumsi beri dalam bentuk buah atau dibuat jus. Buah ini akan memberikan rasa kenyang lebih lama karena kandungan serat cukup tinggi.

10. Kopi atau teh

Kopi atau teh sama-sama mengandung komponen untuk meningkatkan metabolisme pada tubuh. Saat metabolisme naik, tubuh akan mengalami penurunan berat badan yang signifikan.

Kopi atau teh hanya minuman. Anda bisa melengkapinya dengan telur atau sayuran agar lebih bertenaga dan kenyang lebih lama. Kalau hanya teh atau kopi saja dikhawatirkan akan menyebabkan perut menjadi nyeri karena kandungan kafein yang cukup tinggi.

Aturan sarapan yang benar

Sarapan boleh saja dilakukan, tapi harus memenuhi beberapa kriteria di bawahnya.

– Usahakan yang tidak banyak menyantap karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana itu terdiri dari nasi putih, mi instan, atau sesuatu yang manis.

– Porsi yang dimakan usahakan sedang dan tidak terlalu banyak. Kalau Anda mengonsumsi makanan dengan ukuran besar apalagi karbohidrat sederhana, kondisi mengantuk bisa muncul.

– Hindari yang terlalu asam atau pedas. Kalau Anda memiliki perut yang sensitif, kemungkinan besar akan merasakan sakit yang cukup intens. Oleh karena itu makan saja yang rasanya tidak terlalu ekstrem.

– Protein dan serat adalah yang paling utama. Karbohidrat boleh, tapi yang berjenis kompleks seperti beras merah karena bisa meningkatkan rasa kenyang sehingga selama beberapa jam sampai makan siang tidak akan lapar.

– Buah dan sayur juga sangat direkomendasikan karena tidak terlalu membebani pencernaan.

Anda tipe yang suka sarapan pagi atau langsung makan siang saja? Kalau sarapan pagi agak banyak, kira-kira mengantuk atau biasa saja saat bekerja? Semoga daftar menu sarapan yang bikin langsing di atas bisa menambah rekomendasi Anda.(M Zezen Zainal M)

 

sumber : doktersehat.com

Editor : M Zezen Zainal M

Komentar