oleh

Kue Asal Finlandia Ini Terbuat Dari Jangkrik, Mau Coba?

BandungKita.id, KULINER – Serangga kerap kali mengganggu dan dianggap menjijikan. Namun dibalik rupanya yang menggelikan, ternyata serangga memiliki sumber protein yang banyak.

Hal ini disadari betul oleh sebuah toko roti di Finlandia, Fazer Bakery. Seorang pemilik toko roti di negara kaya itu membuat terobosan dengan memakai jangkrik sebagai bahan baku olahan roti di tokonya.

Sekalipun banyak orang merasa jijik dengan pilihan bahan bakunya, namun mereka mengakui produk roti tersebut enak. Jangkrik dihancurkan untuk kemudian dicampur dengan bahan lain agar menjadi kue yang lezat.

Roti terbaru yang dijual Fazer Bakery ini mengandung sekitar 70 jangkrik kering. Semua digiling menjadi tepung.

” Jangkrik berbentuk tepung dan digiling untuk dibuat menjadi adonan dan kemudian dipanggang untuk menjadi produk yang sangat lezat,” ujar CEO Fazer Bakery, Markus Hellstorm seperti dikutip Dream.co.

Bahan baku tepung jangkrik sendiri, diimpor dari Belanda. Kue jangkrik olahan Frazer diklaim memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.

“Menu ini menawarkan konsumen sumber protein yang baik dan juga memberikan mereka cara mudah untuk membiasakan diri dengan makanan berbasis serangga,” kata kepala inovasi di Fazer, Juhani Sibakov.

Sebelum dijual ke publik, Sibakov dan timnya melakukan pengujian. Tentunya mereka tak langsung berhasil. Setelah melakukan beberapa kali percobaan, barulah didapatan formulasi yang tepat untuk membuat kue jangkrik.

Mereka ternyata punya alasan sendiri membuat inovasi ini. “Kami ingin berada di garis depan revolusi pangan dan mendorong perkembangan dalam kategori roti artisan buatan tangan, juga di masa depan,” kata Hellstorm. (Dian Aisyah/Bandungkita.id)

Sumber: Dream.co.id

Komentar