Marhaban ya Rajab, Baca Doa Ini di Awal Rajab Seperti Dicontohkan Rasulullah

BandungKita.id, KAJIAN ISLAM – Marhaban ya Rajab. Tepat pada maghrib kemarin, bulan Jumadil Akhir 1440 H telah berakhir. Umat Islam menyambut bulan baru, Rajab.

Rajab merupakan salah satu dari empat bulan yang dimuliakan dalam Islam di luar bulan Ramadan. Tidak seperti Zulqa’dah, Zulhijjah, dan Muharram yang beriringan, jarak Rajab terpisah.

Sebagai salah satu bulan utama, Rajab tentu memiliki kemuliaan. Sangat dianjurkan untuk mengisi bulan Rajab ini dengan memperbanyak amalan sunah, terutama puasa di pertengahan bulan.

Ketika datangnya hari pertama di bulan Rajab, dianjurkan untuk membaca doa ini. Rasulullah mencontohkan, saat memasuki bulan Rajab beliau membaca:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ

“Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.” (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir)

Ilustrasi bulan rajab (foto:net)

Selain berdzikir dan berdoa, pada bulan Rajab umat Islam juga dianjurkan untuk puasa sebanyak-banyaknya, sebagaimana juga pada bulan-bulan haram lainnya. Sebutan sebagai bulan haram merujuk sejarah dilarangnya umat Islam mengadakan peperangan pada bulan-bulan itu.

Berpuasa merupakan suatu bentuk amal ibadah yang di syariatkan untuk dikerjakan di bulan Rajab.

Walaupun sesungguhnya menjalankan puasa kapan pun boleh atau semua waktu disyariatkan.

Kecuali bulan Ramadhan, hari raya dan hari tasyrik, karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang diwajibkan untuk berpuasa, sedangkan hari raya dan hari tasyrik diharamkan untuk mengerjakan puasa.(M Zezen Zainal M)

 

Editor : M Zezen Zainal M

Comment