Akibat Hujan Deras, Dua Rumah di Talegong Garut Tertimbun Longsor : Begini Nasib Para Korban

BandungaKita.id, GARUT – Dua rumah di wilayah Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut rusak berat. Hal ini dikarenakan terjadinya longsor pada Kamis Petang (7/3/2019) akibat hujan dengan intensitas yang deras dan durasi yang lama.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Imat, menyebutkan longsor di Talegong terjadi di dua titik. Hari itu hujan deras dan lama memang mengguyur kawasan talegong dari pagi hingga sore hari.

“Longsor pertama terjadi di Kampung Datarkupa RT 01 RW 04, Desa Mekarwangi sekitar pukul 13.15 WIB. Sedangkan longsor kedua terjadi sekitar pukul 16.00 WIB di wilayah desa yang sama yakni di Kampung Cipaku RT 02 RW 04,” ujar Imat, kepada BandungKita.id, Jumat (8/3/2019).

Dikatakannya, akibat peristiwa longsor tersebut dua rumah warga mengalami rusak berat. Rumah pertama milik Oon (38) yang berada di Kampung Datarkupa RT 01 RW 04, Desa Mekarwangi.

 

Sementara itu dalam kejadian longsor di Kampung Cipaku RT 02 RW 04, tutur Imat, rumah yang rusak berat yakni milik Dadang (32).

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa atau luka dalam peristiwa tersebut. Hanya saja Oon dengan jumlah tanggungan jiwa 2 orang dan Dadang dengan tanggungan jiwa 3 orang harus dievakuasi ke rumah sanak keluarganya,” kata Imat.

Diungkapkan Imat, pasca menerima laporan, BPBD Garut langsung menurunkan petugas ke lapangan. Selain melakukan pengecekan, petugas dengan dibantu warga dan Muspika membantu mengevakuasi korban dan barang korban.

“Kami juga sampaikan kepada masyarakat untuk tetap waspada mengingat tingginya potensi bencana pada musim hujan seperti ini,” ucap Imat. (M Nur el Badhi)

Comment