Siapa Sangka, Ini 8 Manfaat Luar Biasa Biji Selasih Bagi Kesehatan

BandungKita.id, HEALTH – Kita memanfaatkan banyak sekali biji-bijian untuk kesehatan tubuh dan juga makanan. Kita ambil contoh sederhana saja untuk jenis biji yang sering kita gunakan sehari-hari, kedelai.

Biji ini bisa digunakan untuk berbagai jenis makanan seperti tempe, tahu, susu kedelai, hingga dibuat menjadi makanan lainnya. Kedelai mengandung cukup banyak protein dan karbohidrat.

Selain kedelai, ada satu lagi biji-bijian yang bisa digunakan untuk makanan, tapi memberikan manfaat untuk tubuh. Biji itu adalah biji selasih.

Biji yang ukurannya sangat kecil ini berasal dari jenis tumbuhan mirip kemangi atau basil. Biji yang kecil ini biasanya memiliki selaput kenyal kalau direndam dalam air dan bentuknya mirip dengan telur katak.

Nah, kalau Anda penasaran seperti apa manfaat dari biji selasih itu. Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Manfaat biji selasih untuk kesehatan

Selama ini selasih lebih banyak digunakan sebagai minuman. Biji akan direndam dengan air hangat hingga selaput kenyalnya keluar. Selanjutnya selasih bisa langsung dicampurkan dengan berbagai jenis minuman tanpa mengubah rasa asli minumannya. Selain menyegarkan, selasih juga memberikan beberapa manfaat di bawah ini, cekidot :

1. Mengandung banyak mineral

Dengan hanya mengonsumsi sebanyak 1 sendok makan biji selasih kering, Anda sudah mendapatkan cukup banyak suplai mineral yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Mineral yang disuplai ke tubuh terdiri dari zat besi, kalsium, dan magnesium. Tiga nutrisi ini dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Zat besi bermanfaat untuk kesehatan darah sehingga sel darah merah bisa mengedarkan oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh. Selanjutnya kalsium dan magnesium baik sekali untuk kesehatan tulang dan gigi khususnya mereka yang sudah berusia lanjut.

2. Pengental alami yang aman

Biji selasih menghasilkan semacam lendir yang cukup kenyal teksturnya. Kalau biji ini dibuat menjadi bubuk dan dicampurkan ke dalam makanan, kemungkinan besar makanan akan menjadi lebih kental secara alami tanpa mengubah rasanya. Dengan kelebihan ini selasih bisa digunakan sebagai pengental makanan dan menambahkan serat.

BACA JUGA :

Ini 15 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Gairah Seks Lho!

 

Yuk, Bikin Hati Senang dan Ceria dengan Coba 5 Olahraga Ini

 

3. Mengandung banyak antioksidan

Tubuh membutuhkan antioksidan dari makanan untuk menguatkan sistem imunitas tubuh. Salah satu antioksidan yang cukup dibutuhkan oleh tubuh adalah jenis polifenol. Zat ini terdapat pada selasih yang bisa diolah menjadi makanan ini.

Dengan rutin mengonsumsi selasih sebagai makanan atau suplemen, daya tahan tubuh akan meningkat dengan sendirinya. Daya tahan yang meningkat akan membuat Anda jadi jarang sekali sakit.

4. Menyuplai kebutuhan serat harian
Kandungan serat dari biji selasih bisa dibilang sangat banyak dan bisa membuat Anda mencukupi kebutuhan harian tubuh. Kandungan serat yang diperoleh dari selasih akan membuat Anda menjadi lebih kenyang sehingga potensi membantu menurunkan berat badan akan besar.

Kalau Anda sedang sangat lapar, bisa menggunakan biji selasih sebagai pengganti makanan sementara. Selanjutnya setelah waktunya jam makan tiba, Anda bisa segera mengonsumsi makanan yang diinginkan.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Kesehatan pencernaan dan perut memiliki dampak yang besar dalam kesehatan tubuh. Kalau di perut terdapat masalah, kemungkinan besar akan merembet ke organ lain di sekitarnya. Oleh karena itu kita disarankan untuk mengonsumsi selasih dengan lebih sering agar kesehatan pencernaan terjaga.

Kandungan serat yang tinggi dalam selasih akan menjadi tempat yang baik untuk perkembangan bakteri baik. Dampaknya, gangguan pencernaan seperti sembelit tidak akan terjadi.

BACA JUGA :

 

Kamu Harus Tahu! Ini 6 Akibat Buruk Jika Kita Malas Berolahraga

 

Kamu Harus Tahu! Ini 14 Alasan Mengapa Traveling Penting Bagi Kamu

 

 

6. Mengontrol gula darah

Gula darah di dalam tubuh akan lebih terkontrol dengan baik kalau Anda mengonsumsi selasih setiap hari. Biji selasih membuat tubuh lebih sensitif dengan insulin sehingga gula yang ada di darah bisa digunakan menjadi energi dan kondisi seperti diabetes tidak terjadi.

7. Menjaga level kolesterol

Serat yang ada di dalam tubuh akan menyerap lemak berlebihan dan juga LDL yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi makan berserat seperti oatmeal dan juga biji selasih. Dengan perpaduan dua biji-bijian itu, HDL bisa meningkat dan risiko gangguan pada jantung tidak terjadi.

8. Mengandung omega-3

Omega-3 adalah salah satu asam amino yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Zat ini bekerja untuk melindungi beberapa jenis organ seperti jantung dan juga otak. Mengonsumsi biji selasih akan membuat tubuh lebih kebal dengan inflamasi yang terjadi pada dua organ itu.

Inilah manfaat dari biji selasih yang selama ini sering kali kita abaikan. Meski bentuknya kecil dan terlihat tidak memberikan efek apa-apa pada tubuh, selasih ternyata memberikan begitu banyak kelebihan.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda dan bisa menggunakan selasih sebagai salah satu alternatif makanan dalam diet yang dijalani.(M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

 

Editor : M Zezen Zainal M

Comment