oleh

Kamu Harus Tahu! Ini 6 Akibat Buruk Jika Kita Malas Berolahraga

BandungKita.id, HEALTH – Apa yang terlintas dalam pikiran Sobat BandungKita saat mendengar kata olahraga? Kalau masih berpikiran olahraga adalah aktivitas yang membosankan sekaligus melelahkan berarti Sobat belum terbiasa menjalankan pola hidup sehat.

Padahal banyak lho manfaat dari olahraga. Mulai dari membakar kalori, melancarkan peredaran darah, sampai melatih jantung. Manfaat seperti ini pasti akan sangat berpengaruh pada kesehatan kita. Apa jadinya kalau Sobat malas berolahraga? Berikut beberapa efek jika kita malasa berolahraga, cekidot :

1. Obesitas

Ilustrasi (net)

Banyak yang beranggapan bergabung di pusat kebugaran atau gym hanya untuk orang-orang yang kelebihan berat badan saja. Padahal olahraga itu kewajiban semua orang lho sebagai ‘maintenance’ tubuh agar tetap sehat.

Semakin kita jarang bergerak dan melakukan pembakaran lewat olahraga, hati-hati, berat badan bisa bertambah dan bukan tidak mungkin bahaya obesitas menyerang sewaktu-waktu.

2. Mudah lelah

Ilustrasi (net)

Kalau Sobat merasa akhir-akhir ini mudah sekali merasa cepat lelah dan tidak bertenaga, besar kemungkinan ini akibat malas berolahraga. Karena dari aktivitas berolahraga, darah kita akan banyak mengandung oksigen dan ini yang menjadi ‘power’ untuk kita tetap segar melakukan aktivitas seharian.

3. Insomnia / sudah tidur

Ilustrasi susah tidur (net)

Orang yang mengalami gangguan tidur atau insomnia bukan hanya mengalami gangguan psikologis, tapi juga karena penurunan metabolisme tubuh yang menjadikan fungsi organ tidak bekerja sempurna akibat malas berolahraga.

Kalau Sobat mengalami keluhan susah tidur di malam hari, cobalah untuk rutin berolahraga. Jalan cepat 30 menit per hari sudah cukup. Mudah kan?

4. Badan kaku dan sering merasa pegal-pegal

Jika Sobat BandungKita sering pegal-pegal di area tertentu seperti persendian kaki, pinggang, tegang di area pundak dan yang lainny, jangan langsung minum pain killer. Bisa jadi ini hanya akibat dari Sobat yang malas berolahraga.

Berolahraga, menggerakan tubuh, dan melatih otot pada tubuh akan menghilangkan rasa pegal dan tegang, asal Moms rutin menjalankannya.

5. Penumpukan lemak

Kalori yang tidak terbakar lewat aktivitas fisik akan tertimbun dalam bentuk lemak, ini bukan hanya penyebab Moms bertambah gemuk, penumpukan lemak pada organ vital seperti jantung juga berisiko terkena penyakit jantung koroner, dimana apabila sudah terjadi serangan jantung, akan menjadi penyebab kematian yang tiba-tiba.

6. Sakit kepala

Penyebab sakit kepala juga bermacam-macam lho, Sobat. Maka dari itu, jangan terlalu sering mengambil jalan pintas dengan minum obat sakit kepala. Obat hanya menghilangkan rasa sakit sementara.

BACA JUGA :

Yuk Lakukan 7 Kebiasaan Ini di Pagi Hari Biar Kita Makin Sehat

 

8 Kebiasaan Tentang Kebersihan Diri yang Wajib Diajarkan Pada Anak

 

 

Coba deh saat sakit kepala menyerang lakukan aktivitas menggerakan tubuh sampai berkeringat. Karena setelah olahraga aliran darah akan membaik dan bukan tidak mungkin rasa sakit di kepala akan menghilang.

Jadi, cobalah mulai membiasakan diri berolahraga dengan jenis olahraga yang Moms suka. Seperti berenang, senam aerobik, atau lari pagi. Kalau sudah suka dengan jenis olahraganya, pasti Sobat tidak akan merasa tersiksa melakukannya.

Mulai sekarang ubah pola pikir Sobat, bahwa olahraga bukan untuk kurus! Tapi juga sebagai aktivitas untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan segar. Let’s move! Semoga bermanfaat. (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

 

Editor : M Zezen Zainal M

Komentar