by

Mainan Anak Sering Berantakan di Berbagai Sudut Rumah? Coba Trik Sederhana Ini Dijamin Efektif

BandungKita.id, TIPS & TRIK – Melihat setiap sudut rumah yang penuh dengan mainan terkadang membuat sebagian orang tua pusing dan sakit kepala. Sebisa mungkin kita membereskannya, tetapi anak-anak kembali membuatnya berantakan.

Peringatan untuk segera merapikannya, kerap tak didengarkan anak-anak. Sampai akhirnya larut malam, rumah berantakan dan anak pun sudah terlelap. Sobat BandungKita.id sering menghadapi situasi ini?

ilustrasi (net)

Sebagai solusi, seperti dikutip dari dream, tak ada salahnya untuk membuat ‘penjara mainan’ atau wadah khusus mainan. Trik ini rupanya cukup populer dan berhasil dilakukan oleh banyak orangtua. Yaitu menyiapkan kotak khusus berukuran sedang yang bisa dikunci.

BACA JUGA :

Bahaya Cacingan bagi Anak-Anak dan Dewasa Serta Tips Menghindari Cacingan

 

Jangan Biarkan Sofa Jadi Sarang Jamur dan Kuman, Yuk Bersihkan Dengan 3 Cara Ini

 

 

Isinya adalah mainan favorit anak-anak yang tak dibereskan dan berserak di seluruh sudut rumah. Fungsinya seperti ‘penjara’ mainan dan anak-anak tak bisa mengambilnya kecuali telah melakukan tugas yang diberikan.

Misalnya, mereka boleh mengambil mainan yang ada di dalam kotak tapi terlebih dulu harus membereskan kamarnya, menyelesaikan PR atau tidur siang. Setiap mainan yang masuk ke dalam kotak, harus ada ‘konsekuensi’ untuk mengeluarkannya.

Cobalah konsisten untuk menerapkannya. Anak pun akan tahu sebab dan akibat jika ia tak membereskan mainan-mainannya, yaitu ‘penjara’ dan tugas tambahan untuk mendapatkan mainannya kembali. Semoga bermanfaat. (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

 

Editor : M Zezen Zainal M

Comment