oleh

Ini 10 Cara Menghilangkan Kantung Mata yang Hitam dan Bengkak

BandungKita.id, HEALTH – Anda yang bekerja dan berhadapan dengan banyak orang seperti customer service atau sejenisnya pasti dituntut untuk tampil maksimal setiap saat. Kalau ada gangguan di wajah seperti jerawat atau gangguan di mata seperti hitam atau berkantung, penampilan akan anjlok. Anda jadi tidak percaya diri dengan kondisi ini.

Kalau Anda termasuk yang mengalami masalah ini khususnya muncul kantung di bawah mata atau sering disebut mata panda, coba hilangkan dengan beberapa cara di bawah ini. Dengan menerapkannya, Anda bisa segera mengatasi kantung mata yang sangat mengganggu dengan cepat.

Cara mengatasi kantung mata yang bengkak dan hitam

ilustrasi (foto:net)

Mengatasi kantung mata yang agak tebal dan mengganggu memang tidak bisa sembarangan. Namun, tidak juga sesulit yang dibayangkan. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar kantung mata tidak muncul, cekidot :

1. Menggunakan kantung teh

Kalau Anda memiliki kantung teh yang sudah digunakan, jangan langsung dibuang. Asal sebelumnya tidak dicampur dengan gula, Anda bisa menggunakannya untuk membuat area wajah menjadi lebih bersih dan tidak kendur. Kandungan kafein pada teh yang masih tersimpan bisa membuat peredaran darah berjalan dengan lancar.

Apabila di bawah mata Anda memiliki kantung yang cukup besar, ada baiknya untuk segera menempelkan kantung teh. Biarkan berada di sana selama 20 menit lalu cuci dengan air bersih. Lakukan setiap hari secara rutin untuk membuat kantung mata segera hilang dan tidak mengganggu penampilan.

BACA JUGA :

Panduan Menjalani Diet Oatmeal, Cara Sehat Menurunkan Berat Badan

 

 

2. Kompres dengan air dingin

Kompres area bawah mata atau mata secara menyeluruh dengan menggunakan air dingin. Anda bisa menggunakan kain bersih yang direndam di dalam air es lalu dikompreskan langsung ke mata selama beberapa saat agar terasa nyaman dan kalau terjadi inflamasi akan mereda.

Selain menggunakan air dingin Anda juga bisa menggunakan sendok yang sudah ditaruh di dalam freezer lalu ditempelkan ke bawah mata. Mentimun atau buah lainnya yang bisa menyerap dingin juga bisa ditempelkan ke bawah mata setelah keluar dari lemari pendingin.

Ilustrasi (foto:net)

3. Selalu minum air dengan cukup

Pastikan untuk selalu minum air dengan cukup. Dalam satu hari, kebutuhan air kita sekitar 6-8 gelas atau 2 liter. Dengan kebutuhan yang tercukupi, tubuh tidak akan mengalami dehidrasi. Bahkan, kemungkinan tubuh mengalami gangguan tidur hingga kelelahan tidak akan terjadi. Anda bisa aman dari kantung mata.

4. Menggunakan obat anti alergi

Kantung mata yang muncul dan terlihat sangat mengganggu bisa jadi karena seseorang mengalami alergi pada tubuhnya. Alergi menyebabkan beberapa bagian tubuh seperti membengkak sehingga obat anti alergi dibutuhkan. selain obat anti alergi ada juga beberapa hal yang harus dilakukan seperti menghindari alergen yang dimiliki.

BACA JUGA :

Mata Berkedip Tiap 5 Detik Sekali, Tapi Kenapa Kita Sering Enggak Sadar Ya? Ini Penjelasannya

 

Ini 4 Tips Agar Kita Tidak Cepat Lelah Saat Berolahraga

 

 

5. Menggunakan krim retinol

Krim retinol yang bahannya mirip sekali dengan vitamin A bisa memberikan banyak manfaat untuk kulit. Kalau diaplikasikan ke bawah mata yang menggantung bisa meningkatkan kolagen yang kekurangan di area itu. Lakukan konsultasi dengan dokter kulit untuk menyembuhkan masalah ini.

6. Menggunakan tabir surya

Tabir surya digunakan untuk melindungi area wajah dari UV yang memicu penuaan dini. Dengan mengaplikasikannya di area wajah, kondisi kesehatan kulit akan terjaga termasuk kulit di bawah mata. Gunakan krim tabir surya sesuai dengan kebutuhan atau yang SPF berada di atas 30 agar bisa maksimal.

7. Membersihkan make up sebelum tidur

Salah satu kebiasaan buruk yang menyebabkan kantung mata terus membesar adalah make up yang tidak kunjung dibersihkan sebelum tidur. Kalau Anda terbiasa menggunakan make up, ada baiknya untuk membersihkannya hingga tidak tersisa dan membuat kulit jadi lebih lembap karena tidak tertutup bedak dan sejenisnya.

8. Perbaiki kualitas tidur

Perbaiki kualitas tidur dengan baik setiap harinya. Kalau Anda masih mengalami gangguan tidur, kemungkinan mata berkantung dan hitam akan besar. Oleh karena itu biasakan untuk tidur selama 7-9 jam setiap harinya dan pastikan tidur yang dilakukan sangat berkualitas.

Kalau Anda mengalami gangguan tidur, lakukan olahraga atau yoga agar lebih tenang sehingga jam tidur akan tetap normal. Jangan tidur terlalu malam seperti berada di atas jam 10 malam setiap hari. Kalau siklus circadian terganggu, mata Anda akan semakin menggantung kantungnya.

Ilustrasi menghilangkan kantung mata (foto:net)

9. Makan yang mengandung banyak vitamin C

Seiring dengan bertambahnya usia, jaringan atau otot yang menyangga kelopak mata akan melemah dengan sendirinya. Kondisi ini menyebabkan munculnya kantung mata yang cukup tebal. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang bisa menjaga kelenturan otot di wajah seperti vitamin C.

Dengan mengonsumsi vitamin C, Anda bisa memperbaiki kondisi kesehatan dari wajah sehingga kulit terasa lebih kenyal. Anda bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang banyak seperti jeruk, cabai merah, brokoli, stroberi, dan beberapa jenis buah yang manis.

10. Penuhi kebutuhan zat besi

Kantung mata bisa terbentuk kalau seseorang mengalami anemia. Kekurangan zat besi memuat anemia tidak bisa mengedarkan sari makanan dan oksigen ke dalam tubuh Akibatnya tubuh dan wajah menjadi terlihat lebih pucat karena seperti kekurangan nutrisi dan memicu gangguan tidur juga.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung cukup banyak zat besi seperti bayam, aneka kacang, makanan laut, dan daging merah. Konsumsi makanan ini dengan jumlah cukup agar anemia yang dialami oleh tubuh tidak terjadi.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kantung mata yang sangat menggantung dan mengganggu penampilan. Pernahkah Anda mengalami mata menggantung seperti ini? Lalu apa yang menyebabkan Anda mengalami hal itu selain kualitas tidur yang buruk setiap malamnya? Semoga bermanfaat.(M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

 

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : doktersehat.com

Komentar