oleh

Pungutan Liar di Jalur Pendakian Gunung Guntur Ditertibkan

BandungKita.id, GARUT – Banyaknya laporan pungutan liar di jalur pendakian Gunung Guntur langsung direspon oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Tarogong Kaler, Garut. Adanya dugaan pungutan liar yang kerap kali dikeluhkan para pendaki di sepanjang jalur pendakian menuju puncak atau area kamping di Kawasan Gunung.

Menurut Kapolsek Tarogong Kaler Ipda Asep Saepudin, pihaknya membawa sejumlah anggota dibantu jajaran Koramil setempat langsung melakukan upaya pengecekan dan penertiban adanya indikasi pungutan liar oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Saya bersama anggota Polsesk Tarogong Kidul dan Koramil Tarogong telah melaksanakan kegiatan pengecekan. Sekaligus penertiban indikasi pungli di lokasi menuju jalur pendakian gunung Guntur yang selama ini sering kali dikeluhkan para pendaki atau wisatawan di Kawasan objek wisata sekitar Gunung Gungur,” Kata Kapolsek Tarogong Kidul, Ipda Asep Saepudin, Minggu petang (16/6/2019).

Baca juga:

Viral, Ada Tempat Penitipan Suami di Garut

 

Menurutnya maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut dalam rangka merespon cepat adanya dugaan pungli yang dikeluhkan para pendaki di jalur pendakian menuju puncak gunung Guntur.

“Kami harus mengantisipasi adanya dugaan pungli yang dilakukan pihak yang tidak bertanggung jawab kepada para wisatawan yang datang ke Gunung Guntur ini, serta yang utama dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada para wisatawan,” ungkapnya.

Baca juga:

Geger! Ada Deklarasi Presiden Pusat Republik Indonesia di Garut

 

Asep menyebut dalam pelaksanaan kegiatan itu pihaknya belum menemukan adanya indikasi pungli oleh oknum masyarakat sekitar atau pun pihak pihak lainnya.

“Namun demikian kami tetap menghimbau agar masyarakat sekitar bisa menjaga keamanan dan ketertiban di kawasan objek wisata Gunung Guntur dan sekitarnya agar para wisatawan tetap datang dan berkunjung ke Garut,” ujarnya.

Kapolsek Asep menegaskan pihaknya akan terus melaksanakan kegiatan penertiban dan pemantauan indikasi pungli di kawasan tersebut secara terus menerus. Agar tidak ada lagi keluhan dari pihak mana pun yang datang dan berwisata ke kawasan Gunung Guntur. (M Nur el Badhi)

Editor: Restu Sauqi

Komentar