by

Menyusuri Sungai Leuwi Daleum, Objek Wisata Baru di Selatan Garut

BandungKita.id, GARUT – Salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat ini diberkahi bentang alam yang begitu indah dan beragam. Selain ke kebun teh atau curug, turis yang datang ke Garut juga bisa wisata susur sungai.

Sungai Leuwi Daleum adalah salah satu objek wisata yang baru diresmikan, lokasinya berada di wilayah selatan Garut.

“Pengunjung yang datang ke sini bisa menikmati indahnya panorama alam sambil menggunakan perahu karet dan berwisata air di sungai,” kata Bupati Garut, Rudy Gunawan, seperti yang dikutip dari ANTARA pada Senin (7/9).

Sungai Leuwi Daleum ini berada di antara Kecamatan Cibalong dan Cisompet sering disebut “hidden gem” karena keindahannya yang tersembunyi. Namun akhirnya berhasil ditemukan dan diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Garut.

BACA JUGA :

Pencabut Bendera Merah Putih di Garut Berhasil Diamankan, Mengaku Sekedar Iseng Saja

Kurang Pasokan Air, 50 Hektar Sawah di Garut Terancam Gagal Panen

Kajari Garut Beri Bantuan Ayah Pencuri HP Demi Anak Belajar Online, Begini Tanggapan Acil Bimbo

Tempat wisata ini dinilai memiliki keindahan alam yang memanjakan mata, dengan kejernihan air yang layak untuk dicoba di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Rudy menjelaskan, Sungai Leuwi melewati dua gunung batu yang menjadi daya tarik tersendiri saat melewatinya. Sungai ini juga memiliki kualitas air yang jernih dengan sumber air dari Sungai Cisanggiri.

Selain menikmati sepanjang aliran sungai, kata Rudy, pengunjung juga dapat menikmati hasil pertanian berupa sayur-sayuran atau buah-buahan di sekitar sungai untuk dinikmati di kebun.

“Kami juga akan membuat pusat perkebunan buah-buahan Kabupaten Garut seluas tiga hektare. Namund dari sekaran juga sudah ada buah-buahan segar yang bisa dipetik langsung,” katanya.

Courtsey : Garut Express

Ia mengungkapkan, saat ini infrastruktur di lokasi wisata air itu masih minim. Pasalnya, kondisi jalan yang belum bagus termasuk akses jembatannya belum memadai untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung.

Kata Bupati, Pemkab Garut secepatnya akan membuat jalan baru menuju objek wisata Leuwi Daleum dan akan membangun jembatan sepanjang 16 meter yang akan dialokasikan pada tahun anggaran 2021.

“Tempat ini insya Allah tahun 2021 akhir sudah bisa dinikmati oleh seluruh wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri yang datang ke Kabupaten Garut,” pungkasnya. (*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment