5 Tips Menjaga Kesehatan Agar Tidak Gampang Tertular Penyakit

BandungKita.id, HEALTH – Bakteri dan virus penyebab penyakit selalu berada di sekitar kita. Namun ketika orang terdekat kita tengah sakit, kita lebih rentan tertular penyakit tersebut.

Dengan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan akan membuatmu terlindung dari serangan penyakit, sekalipun berada di sekitar orang-orang yang sedang sakit. Lalu apa saja tips agar kesehatannmu tetap terjaga? berikut tipsnya:

 

1. Cuci tangan lebih sering

Salah satu tips menjaga kesehatan saat orang terdekat sedang sakit adalah lebih rajin mencuci tangan. Hal ini disebabkan saat orang terdekat sakit, kuman dan virus akan lebih banyak di sekitar Anda.

Sementara, tangan adalah bagian tubuh yang sering Anda gunakan untuk makan, menyentuh wajah, menyeka hidung, dan masih banyak lagi. Sehingga jika kedua tangan Anda kotor, virus akan mudah masuk ke dalam tubuh.

Dengan mencuci tangan lebih rajin dari biasanya, Anda bisa mengurangi kesempatan kuman dan virus menyerang tubuh Anda.

Namun, jangan asal mencuci tangan ya. Supaya kuman hilang, pastikan Anda membersihkan seluruh bagian tangan, mulai dari telapak, punggung, hingga sela-sela jari. Setidaknya, lakukan selama 20 detik untuk memastikan bahwa semua sudah bersih.

Jika sudah, keringkan kedua tangan dengan handuk atau tisu bersih. Kalau bisa, hindari mematikan keran air menggunakan kedua tangan Anda yang sudah bersih. Anda bisa melapisi keran dengan tisu lalu mematikannya, atau menggunakan siku Anda untuk menyenggol keran hingga mati.

BACA JUGA:

Makan Daging Kambing Bikin Tensi Darah Naik? Ini Faktanya

 

 

2. Tidur tepat waktu

Kurang tidur dapat mempengaruhi sistem imun, sehingga tubuh lebih mudah terjangkit virus penyakit. Demi menjaga kesehatan, salah satu tips yang bisa Anda lakukan adalah tidur tepat waktu. Idealnya, waktu tidur yang tepat adalah tujuh jam. Oleh sebab itu, pastikan bahwa Anda tidur selama tujuh jam setiap harinya.

Meski orang terdekat sedang sakit dan Anda harus merawatnya, jangan lupa memerhatikan kesehatan Anda dengan melakukan salah satu tips menjaga kesehatan ini. Dengan begitu, tubuh anda tidak mudah terserang penyakit.

3. Perbanyak makanan yang mengandung vitamin tinggi

Salah satu tips untuk menjaga kesehatan dan mempertahankan sistem imun adalah rajin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Kebanyakan vitamin dapat membuat sistem imun Anda lebih kuat, misalnya saja vitamin C, vigtamin B6, dan vitamin E.

Nah, hampir semua sumber vitamin bisa Anda dapatkan dari berbagai macam buah, sayur, dan kacang-kacangan. Pastikan Anda mengonsumsi beragam buah dan sayur dengan warna serta jenis yang berbeda.

BACA JUGA:

Selain Usir Stres, Ini 6 Manfaat Liburan untuk Kesehatan Mental Kita

 

 

4. Menjaga jarak dengan orang sakit

Sekalipun orang yang sakit adalah orang terdekat Anda, mau tidak mau Anda harus menjaga jarak dengannya.

Bahkan jika Anda harus merawatnya, Anda harus tahu sampai pada batasan mana Anda bisa berdekatan dengannya. Hal ini menjadi salah satu tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan diri jika memang tidak ingin jatuh sakit juga.

Jika perlu dan memungkinkan, pisahkan kamar tidurnya dengan semua penghuni rumah, termasuk Anda. Selain mencegah penyebaran kuman penyakit, hal ini juga membantu ia cepat pulih karena bisa beristirahat dengan lebih tenang tanpa ada gangguan.

Siapkan kebutuhan-kebutuhannya di dalam kamar itu, seperti obat-obatan, air mineral, tisu, dan tempat sampah. Jangan izinkan orang lain masuk ke dalam kamar itu selain orang yang merawatnya.

BACA JUGA:

Ini 5 Jenis Sayur Terbaik untuk Anak yang Wajib Disediakan Ibu

 

5. Pisahkan peralatan rumah tangga yang digunakan oleh orang sakit

Untuk mencegah penyebaran virus penyakit, khususnya di dalam rumah, Anda juga sebaiknya jangan menggunakan peralatan pribadi dan rumah tangga bersama-sama dengannya. Contohnya seperti handuk, kain lap, gelas, piring, serta sendok garpu.

Jika Anda memiliki beberapa kamar mandi di rumah, pisahkan pula kamar mandi yang digunakan oleh orang sakit dengan penghuni rumah lainnya. Hal ini bukan berarti Anda mengisolasinya dan tidak mengizinkannya berbaur dengan yang lain.

Memang terkesan agak jahat, tapi tips ini dapat menjaga kesehatan Anda dan anggota keluarga lainnya. Bahkan, hal ini dapat membuat orang terdekat Anda cepat pulih. Bayangkan saja jika Anda atau anggota keluarga lain juga ikut sakit, kuman penyakit bisa saja menyerangnya lagi dan kondisinya tidak kunjung membaik.

Namun, jika ia tidak sembuh juga dalam beberapa hari sebaiknya segera bawa ia ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. (Dian Aisyah/Bandungkita.id)

Sumber: Hallosehat

Comment