oleh

Simak Tips Turunkan Berat Badan dengan Berjalan Kaki

BandungKita.id, HEALTH – Ada banyak jenis olahraga yang dilakukan untuk menurunkan berat badan, seperti yoga, kick boxing, aerobik dan masih banyak lagi. Namun selain olahraga berat, berjalan kak juga membantu turunkan berat badan lho.

Tapi tidak asal berjalan kaki saja, tentu ada hal yang perlu kamu perhatikan juga. Mulai dari alas kaki, postur tubuh hingga asupan kalori. Seperti apa? simak caranya berikut ini.

1. Alas kaki

Ada baiknya kamu menggunakan sepatu yang nyaman. Tidak terlalu longgar ataupun sempit. Salah memilih alas kaki bisa membuat kaki cedera, apalagi jiga berjalan kaki menjadi salah satu bentuk olahraga rutinmu.

2. Perhatikan postur tubuh

Poin ini sangat penting. Selalu jaga punggungmu dengan tegak, pandangan ke depan, dan ayunkan kedua tangan. Tidak hanya menjaga keseimbangan, mengayunkan kedua tangan saat berjalan juga mampu menjaga laju berjalanmu.

Mengayunkan kedua tangan yang ditekuk 90 derajat juga bisa membakar lebih banyak kalori dan mengencangkan otot lengan.

BACA JUGA:

Sudah Sarapan Tapi Kok Tetap Lapar? Belum Tentu Cacingan, Ini Penyebabnya

 

Simak 6 Cara Dinkes KBB Cegah Stunting Pada Anak-anak, Ini Hasilnya

 

3. Perhatikan langkah

Bila ingin berjalan cepat, jangan memperlebar langkah kaki. Hal ini justru berbahaya. Melansir Walking for Weight Loss, memperlebar langkah kaki saat berjalan cepat justru membuat kakimu berisiko cedera. Kamu disarankan untuk mengambil langkah pendek, tapi ayunkan secara cepat dan lebih banyak.

4. Kecepatan berjalan

Tubuhmu tentu akan terbiasa bila kamu berjalan dengan kecepatan yang sama dan dalam jumlah yang sama setiap harinya. Cobalah variasikan kecepatan berjalan dengan berjalan santai atau berjalan cepat. Targetkan juga seberapa jauh kamu berjalan per harinya. Tak perlu ragu untuk menaikkan target selama kamu mampu.

5. Manfaatkan tangga atau jalan menanjak

Naik turun tangga atau jalanan menanjak bisa membuat acara jalan kakimu lebih intens. Jangan takut kecapekan atau kram otot. Naik turun tangga atau jalanan menanjak bisa membuatmu membakar lebih banyak kalori dan lemak. Otot-otot kakimu pun juga menjadi lebih kuat. (Dian Aisyah/Bandungkita.id)

Sumber: IDN Times

Komentar