by

Bahaya! Hindari 6 Kebiasaan Buruk Ini Sebelum Kamu Tidur

BandungKita.id, HEALTH – Tidur adalah sebuah kegiatan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap manusia. Karena dengan tidur, tubuh kita bisa beristirahat dan tidur juga bisa memperbaiki sel-sel rusak yang ada dalam tubuh kita.

Namun apa jadinya, jika tidur yang kita lakukan tidak berkualitas atau bahkan tidur yang kita lakukan menimbulkan penyakit-penyakit baru yang disebabkan oleh beberapa kebiasan buruk yang kita lakukan sebelum tidur.

Berikut ini ada 6 kebiasan buruk yang harus kamu hindari saat akan tidur.

1. Tidak menggosok gigi sebelum tidur

Ilustrasi menggosok gigi sebelum tidur (foto:net)

Memang sudah banyak orang yang mengetahui, bahwa menggosok gigi sebelum tidur merupakan hal yang sangat penting. Tapi meskipun begitu banyak orang juga yang melupakan ritual yang satu ini.

Padahal jika malas menggosok gigi sebelum tidur bisa menyebabkan bebereapa penyakit. Seperti sakit gigi, bau mulut hingga munculnya kerusakan-kerusakan pada gigi kamu.

2. Lupa membersihkan sisa-sisa make up

Ilustrasi membersihkan make up sebelum tidur (foto:net)

Biasanya ini sering sekali terjadi pada wanita. Mereka suka sekali lupa atau bahkan membiarkan begitu saja wajahnya yang masih kotor dengan make up dan tidak membersihkannya.

BACA JUGA :

Kurang Tidur Bikin Susah Konsentrasi? Ini 5 Cara Mengembalikan Konsentrasi Anda

 

Ngerii! Bangun Tidur Langsung Merokok, Begini Dampak Negatifnya

 

Padahal akan banyak efek atau akibat yang kamu dapatkan jika tidak membersihkan sisa-sisa make up sebelum tidur. Seperti akan munculnya jerawat, penuaan dini hingga bulu mata yang rontok.

3. Tidak mematikan lampu saat menjelang tidur

Ilustrasi mematikan lampu sebelum tidur (foto:net)

Seperti yang dilansir dari Rodale Wellness. Tidur dengan lampu yang terlalu terang ternyata mampu menekan melatolin tubuh lebih dari 50 persen lho. Melatolin sendiri berfungsi sebagai hormon yang dapat membantu terlelapnya tidur.

Jika melatolin dalam tubuh kita berkurang, bagaimana bisa kita mendapatkan tidur yang berkualitas. Makanya lebih baik kamu matikan lampu yang terlalu terang dan diganti dengan lampu khusus untuk tidur.

4. Menonton film-film yang seram

Ilustrasi menonton sebelum tidur (foto:net)

Jangan kamu kira menonton film yang seram sebelum tidur merupakan hal yang biasa. Justru jika kamu termasuk orang yang penakut dengan hal-hal yang seram ini justru akan menjadi bahaya.

BACA JUGA :

Kurang Tidur Memicu Tekanan Darah Tinggi atau Rendah? Ini Faktanya

 

Karena hal yang menyeramkan bisa membuat pikiran kita menjadi berantakan dan mengalami kesulitan tidur. Hal ini disebabkan karena hal-hal yang seram akan terus bermunculan di kepala saat akan tidur.

5. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein

Ilustrasi minum kopi sebelum tidur (foto:net)

Jika kamu sulit saat akan tidur, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena sebelum tidur kamu mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. Kafein sendiri bisa membuat kamu menjadi sulit untuk memejamkan mata.

Kafein ternyata tidak hanya dihasilkan dari kopi saja. Beberapa makanan dan minuman seperti teh, es krim hingga kuaci bungga matahari juga mengandung kafein.

6. Meminum alkohol

Ilustrasi (foto:net)

Tidak hanya makanan atau minuman yang mengandung kafein saja yang tidak boleh dikonsumsi sebelum tidur. Alkohol juga tidak boleh kamu konsumsi. Meskipun beberapa orang beranggapan bahwa alkohol mampu membuat seseorang mudah tidur.

Namun meminum alkohol sebelum tidur juga bisa membuat kamu menjadi terbangun di tengah tidur dan mengusik jam paling ideal untuk regenerasi sel saat tidur.

Itu dia 6 kebiasaan buruk yang harus kamu hindari saat sebelum tidur. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk di atas agar kamu bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. (*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : idntimes

Comment