by

Olahraga Bersama Teman Ternyata Banyak Manfaatnya, Apa Saja?

BandungKita.id, HEALTH – Mumpung akhir pekan, kita olahraga bareng yuk! Olahraga bareng teman ternyata lebih bermanfaat dibandingkan melakukannya sendirian. Tidak hanya meningkatkan kesehatan Anda, manfaat dari olahraga bersama teman ternyata banyak sekali lho.

Pada tahun 2015, para peneliti dari University of Aberdeen mencari tahu mengenai manfaat apakah melakukan olahraga bersama teman dapat meningkatkan jumlah latihan yang dilakukan atau tidak.

Penelitian ini dilakukan secara online dan melibatkan peserta yang dipilih secara acak yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu emosional dan instrumental. Kelompok emosional menerima dorongan secara emosional yang mampu membuat mereka berlatih lebih banyak.

Sedangkan, kelompok instrumental, yaitu mereka yang dimotivasi dengan bantuan kelengkapan alat saat olahraga, ternyata tidak begitu berpengaruh terhadap jumlah latihan.

Dari penelitian tersebut, terbukti bahwa olahraga bersama teman memang membawa manfaat karena dukungan emosional yang diberikan, sehingga Anda terpacu dan bersemangat untuk beraktivitas fisik.

BACA JUGA :

Jika Merasakan 7 Tanda Ini, Berarti Anda Kurang Olahraga

 

Seperti yang dilansir dari Better Health Channel, salah satu kesulitan ketika olahraga sendiri adalah menjaga semangat. Nyatanya, olahraga bersama teman tak hanya membuat Anda lebih semangat. Berikut adalah manfaat lain dari olahraga bersama teman, cekidot :

1. Tidak cepat bosan

Ilustrasi olahraga bareng teman (foto: net)

Pada saat berolahraga sendirian, tentu Anda akan cenderung berkonsentrasi dengan apa yang sedang Anda lakukan dan tidak bersosialisasi. Tidak jarang hal tersebut akan membuat Anda cepat bosan.

Walaupun memang saat beraktivitas fisik Anda akan jarang mengobrol, berolahraga bersama teman ternyata lebih menyenangkan. Misalnya, ketika Anda sedang jogging, Anda dapat mengobrol meskipun hanya sebentar. Waktu dan jarak yang Anda tempuh tidak terasa.

2. Berolahraga lebih giat saat ada orang lain

Ilustrasi (foto:net)

Kebanyakan orang cenderung lebih mengerahkan kemampuan mereka ketika sedang diawasi oleh seseorang. Misalnya, seorang pemain tenis ketika ditonton oleh orang lain akan mengayunkan raketnya lebih kencang daripada biasanya.

Hal tersebut disebabkan adanya komunikasi di dalam otak Anda yang melihat ekspresi orang lain sebelum melakukan gerakan. Artinya, Anda ingin melakukan hal yang terbaik karena partner olahraga Anda memberikan ekspresi menyemangati.

Dengan membawa teman ketika berolahraga akan membawa sifat kompetitif di dalam diri Anda secara sadar atau tidak sadar. Selain itu, ketika Anda sudah ingin menyerah, dengan melihat teman Anda yang masih bersemangat dapat menurunkan keinginan tersebut.

BACA JUGA :

Sebelum Olahraga Pagi, Baiknya Sarapan Dulu atau Tidak? Ini Jawabannya Menurut Pakar Nutrisi

 

5 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan Para Wanita di Rumah

 

3. Lebih aman

Salah satu manfaat lain dari olahraga bersama teman adalah menjamin keamanan secara tidak langsung. Misalnya, ketika Anda jogging pada malam hari. Kehadiran teman Anda dapat menciptakan rasa aman karena merasa bahwa ia akan membantu ketika menemui masalah.

Hal ini bermanfaat juga jika misalnya Anda memiliki kondisi tertentu seperti diabetes. Adanya teman saat berolahraga bisa membuat mereka menjadi penolong Anda ketika tahu-tahu terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Membangun pertemanan yang sehat

Ilustrasi olahraga bareng teman (foto:net)

Berolahraga bersama teman adalah cara lain untuk menciptakan quality time bersama mereka. Saat berolahraga, Anda bisa berbincang soal kehidupan Anda masing-masing dan membuat hubungan di antara berdua lebih baik. Tentunya, Anda juga bisa sama-sama sehat.

Jika tidak ada teman yang dapat diajak berolahraga bersama, mengikuti kelas-kelas yang ditawarkan di tempat fitness atau gym mungkin bisa menjadi alternatif. Selain memotivasi Anda, hal ini juga mungkin menambah teman baru.

5. Mencoba jenis olahraga baru

Ilustrasi (foto: istimewa)

Ada kalanya Anda ingin untuk melakukannya, seperti gerakan yoga. Bisa juga, Anda ingin mencoba sesuatu yang baru tapi enggan kalau sendirian.

Selain itu, rekan olahraga Anda mungkin memiliki ide-ide dan pengetahuan tentang jenis aktivitas fisik apa yang bisa dilakukan bersama. Dengan begitu, Anda tidak akan cepat bosan dan bisa tetap aktif secara fisik lebih rutin.(*)

 

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : hellosehat

Comment