by

Ternyata Tidur Siang Sejenak Bagus Untuk Kesehatan, Begini Penjelasannya

BandungKita.id, HEALTH – Tidur siang dipercaya menyimpan banyak manfaat, khususnya manfaat bagi kesehatan. Namun sayang, padatnya aktivitas kerap membuat Anda tidak memiliki waktu untuk tidur siang.

Tak heran, jika banyak orang yang kerap tertidur dalam perjalanan atau di meja kerja walau hanya sebentar. Meski demikian, tidur siang hanya sebentar juga menyimpan manfaat yang besar. Berikut ulasannya yang diranfkum BandungKita.id dari berbagai sumber :

 

BACA JUGA :

Bahaya! Hindari 6 Kebiasaan Buruk Ini Sebelum Kamu Tidur

 

 

1. Tidur 10-20 detik
Ketika kantuk datang, tanpa sadar banyak orang yang tertunduk dan tertidur selama 10-20 detik. Tidur siang jenis ini disebut sebagai tidur siang nano. Sayangnya, jenis tidur ini belum diketahui manfaatnya.

 

2. Tidur 2-5 menit
Tidur 2-5 menit dipercaya bisa mengembalikan energi lebih. Jenis tidur yang disebut sebagai tidur siang mikro ini juga bisa mengusir rasa kantuk.

 

3. Tidur 5-20 menit
Kewaspadaan, stamina dan pembelajaran motorik akan semakin meningkat setelah tidur siang. Namun, untuk mendapatkan itu semua, pastikan Anda memiliki waktu tidur selama 5-20 menit.

 

BACA JUGA :

Kurang Tidur Bikin Susah Konsentrasi? Ini 5 Cara Mengembalikan Konsentrasi Anda

 

 

4. Tidur 20-50 menit
Kabarnya tidur selama 20-50 menit disebut-sebut waktu tidur yang ideal untuk mendapatkan manfaat dari tidur siang mikro dan mini. Pasalnya, jenis tidur ini bisa meningkatkan memori otot dan menghilangkan ingatan buruk yang akan membantu kemampuan mengingat jangka panjang Anda.

 

5. Tidur 50-90 menit
Jika Anda memiliki waktu luang, pastikan Anda tidur siang dengan waktu yang sempurna, yaitu 50-90 menit. Pasalnya, tidur siang jenis ini dipercaya mampu membuat tubuh mendapatkan gelombang lambat dan fase tidur REM yang baik untuk persepsi Anda dan baik untuk pertumbuhan manusia karena hormon yang akan dikeluarkan.(Azmy Yanuar Muttaqien/BandungKita.id)

 

Dilansir dari berbagai sumber

Comment