Berhenti Merokok Selamanya? Ini Tips Jitunya

BandungKita.id, TIPS – Bagi seorang perokok berat, berhenti merokok pasti sangat sulit dilakukan. Selain sudah menjadi kebiasaan, godaan pun datang dari mana saja. Namun sampai kapan tubuhmu semakin rusak dengan rokok Biar upayamu berhenti merokok sepenuhnya tidak gagal, ada tips jitunya lho!

1. Batasi diri dengan teman perokok

Kalau memang nggak bisa menghindar, beritahu mereka kalau jika telah berhenti merokok. Jangan lupa juga minta mereka buat nggak menggoda dan menawarkan rokok kepadamu ya.

2. Sibukkan diri

Berdiam diri bisa membuat keinginan merokok datang lagi. Nah, daripada tertekan karena nggak bisa merokok coba deh lakukan kegiatan bermanfaat seperti main lego atau mengisi TTS.

3. Tarik nafas dalam-dalam

Meski terdengan sepele, namun cara ini bisa mengurangi timbulnya hasrat merokok lho. Banyak orang yang menggunakan rokok untuk menangkan pikiran.

Kalau tiba-tiba berhenti pasti kan perasaan jadi gusar dan gelisah. Ketika rasa ingin muncul cobalah tarik napas dalam-dalam sambil memejamkan mata. Menghirup napas panjang bisa membuat udara bersih masuk ke paru-paru dan kamu jadi lebih tenang.

4. Jangan biarkan mulut kosong

Mulut yang kosong membuat kita jadi ingin merokok lagi. Selain itu, mulut juga akan jadi asam karena lama nggak mengonsumsi nikotin. Makanya, kamu bisa mengonsumsi permen ketika mulut kosong dan terasa asam.

5. Minum jus wortel

Kandungan zat antioksidan dalam wortel bisa menyehatkan tubuh yang sudah terkena paparan racun dari rokok. Rasanya yang sedikit getir akan membuat lidah jadi nggak terasa asam lagi lho!

Berhenti merokok bukanlah hal mudah, namun kebiasaan buruk tersebut harus segera dihentikan. Cobalah alihkan kebiasaan merokok dengan hal-hal di atas. (Dian Aisyah)

Sumber: Hipwee