oleh

Mata Gatal Jangan Dikucek! Begini Cara Alami Mengobatinya

BandungKita.id, HEALTH – Biasanya orang memilih untuk mengucek matanya saat mengalami mata gatal. Padahal, hal ini justru akan membuat mata teriritasi dan merah. Ada baiknya mengatasi mata gatal dengan bahan-bahan alami yang aman untuk digunakan.

Sebelum membahas obat mata gatal dan cara mengatasi mata gatal, mari kita simak apa penyebab mata gatal

Mata yang gatal seringkali disebabkan oleh debu yang berasal dari dalam maupun luar ruangan. Jika kita berada di luar ruangan, hindari tempat yang berdebu dan gunakan kacamata besar untuk melindungi mata.

 

BACA JUGA :

Anak-Anak Pengguna Gadget Lebih dari 4 Jam Perhari, Kemenkes: Matanya Berpotensi Rusak

 

 

Jika kita berada di dalam ruangan, cobalah cek apakah kipas angin atau debu yang kita pakai sudah berdebu atau tidak. Selain itu, gantilah sarung bantal, sprei, atau tirai yang sudah lama dipakai dan berpotensi menyimpan debu. Bersihkan pula lantai jika memang sudah terlihat kotor dan berdebu.

 

Cara Mengobati Mata Gatal Secara Alami

Berikut cara mengatasi mata gatal dengan bahan alami yang dikutip BandungKita.id dari Halodokter.com dan mudah dilakukan di rumah:

 

1. Kompres air dingin

Ilustrasi. (net)

 

Tempelkan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin pada kelopak mata untuk menurunkan rasa gatal. Jika perlu, kita juga bisa membungkus es di dalam kain yang akan kita pakai untuk mengompres mata.

 

BACA JUGA :

Jaga Kesehatan Mata dengan 10 Tips Berikut Ini

 

 

2. Memakai chamomile

Ilustrasi. (net)

 

Chamomile memiliki sifat antialergi yang bisa dijadikan kompres untuk mengatasi mata gatal dengan efektif. Cara untuk menggunakannya pun sangat mudah, yakni dengan memasukkan sekantong teh chamomile ke dalam air hangat selama 5 menit. Gunakan rendaman air teh ini yang sudah dingin untuk membilas mata dan menurunkan rasa gatal.

 

3. Memakai ketimun

Ilustrasi. (net)

 

Timun bisa mengatasi masalah mata bengkak atau kantung mata. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antiiritasi dan antioksidan di dalamnya. Untuk mengatasi masalah mata gatal, kita hanya perlu menyimpan potongan timun di dalam kulkas selama 15 menit dan kemudian meletakkan potongan timun dingin ini pada mata selama 10 menit. Rasa gatal pada mata pun bisa mereda.

 

BACA JUGA :

5 Alasan Mengapa Minum Teh di Pagi Hari Baik Untuk Kesehatan

 

 

4. Memakai teh hijau

Ilustrasi teh hijau (foto:net)

 

Taruhlah kantong teh hijau celup yang sudah dalam kondisi dingin pada kelopak mata selama beberapa menit untuk menurunkan rasa gatal pada mata.

 

5. Susu dingin

Ilustrasi. (net)

 

Susu dingin berfungsi seperti kompres air dingin yang meredakan rasa gatal dan bengkak di mata. Caranya; Celupkan kapas di susu dingin. Tutup mata yang gatal dan tempatkan alas yang basah di atasnya. Biarkan selama sekitar 10 menit dan kemudian lepaskan. Lakukan ini 2 hingga 3 kali sehari.

 

BACA JUGA :

Susu vs Yogurt, Mana yang Lebih Menyehatkan Tubuh? Ini Penjelasannya

 

 

6. Lidah buaya

Ilustrasi. (net)

 

Lidah buaya atau aloe vera dikenal karena sifatnya yang menenangkan secara alami, yang dapat dikaitkan dengan komposisi kaya phytonutrisi.

Kandungan lidah buaya juga anti-inflamasi dan dapat membantu meringankan gejala lain yang berhubungan dengan mata gatal. Cara pengobata; Campurkan jus lidah buaya dan dinginkan selama 30 menit.

Celupkan dua bola kapas di dalamnya dan letakkan satu di setiap mata tang gatal. Biarkan selama 10 hingga 15 menit lalu angkat. Lakukan cara ini beberapa kali setiap hari.

 

7. Kentang

Ilustrasi. (net)

 

Kentang adalah sumber kaya glycoalkaloids yang menunjukkan sifat anti-inflamasi (11). Oleh karena itu, menerapkan kentang secara topikal dapat mengurangi rasa gatal dan bengkak di mata.

Cara pengobatan; Ambil kentang mentah dan dinginkan. Potong menjadi irisan melingkar dan letakkan satu irisan pada setiap mata yang terasa gatal. Biarkan irisan kentang bekerja selama 15 menit. Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali sehari.

 

BACA JUGA :

Ini Dia 8 Manfaat Luar Biasa Madu Menurut Pandangan Islam

 

 

8. Madu

Ilustrasi madu (foto:net)

 

Madu memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan yang dapat meringankan gejala mata gatal. Madu juga mengurangi peradangan dan pembengkakan yang disebabkan oleh alergi. Cara pengobatan; Gunakan madu organik dan oleskan di bawah kelopak mata yang gatal.

Anda juga dapat menggunakan madu manuka untuk pengobatan ini. Biarkan selama 20 menit dan bilas. Atau, Anda bisa meletakkan setetes madu di kelopak mata Anda. Lakukan cara ini dua kali sehari.

Nah, demikian cara mengobati mata gatal secara alami di rumah. Selamat mencoba! ***(Azmy Yanuar Muttaqien/BandungKita.id)

Komentar