by

10 Tips Jaga Komitmen Olahraga Sebagai Resolusi Tahun Baru

BandungKita.id, HEALTH – Setiap pergantian tahun, tren membuat resolusi sudah umum di kalangan masyarakat, tak hanya Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Resolusi olahraga sering menjadi perubahan gaya hidup yang ingin dipenuhi.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian kecil yang dilakukan John C. Norcross, PhD, seorang profesor psikologi dari University of Scranton, sekitar sepertiga resolusi tahun baru adalah menurunkan berat badan dan 15% di antaranya ingin memulai program olahraga.

Namun sayangnya, sebagian besar atau mayoritas resolusi olahraga tahun sebelumnya saja mungkin sudah gagal dalam hitungan minggu, hari, atau bahkan jam.

Untuk itu, berikut cara yang sebenarnya mudah untuk menjaga komitmen resolusi agar tetap dijalani dan berhasil dicapai. Check this out :

  1. Buat resolusi yang sederhana

Terkadang orang berencana atau bertujuan untuk merombak total gaya hidup mereka. Hal ini lah yang merupakan akar dari kekecewaan dan rasa bersalah. Cara terbaik adalah fokus terhadap satu atau dua tujuan terpenting yang paling diutamakan.

2. Pikirkan matang-matang

Memilih apa yang terpenting terkadang bisa membingungkan. Untuk resolusi olahraga di tahun baru ini, usahakan untuk berkonsentrasi pada hal yang memberi dampak pada kebahagiaan, kesehatan, dan rasa puas.

3. Lakukan apa yang Anda suka

Ilustrasi olahraga tenis (foto:net)

Terdapat suatu prinsip dalam ilmu olahraga yang disebut FITTE, singkatan dari frekuensi, intensitas, time (waktu), type (tipe), dan enjoyment (kenikmatan). Kenikmatan lah yang paling penting.

Jika Anda suka terhadap olahraga tertentu, seperti tenis, maka mulai lah cari lapangannya. Lalu jika suka menari, cari olahraga dengan metode menari seperti zumba. Jangan memaksakan untuk melakukan olahraga yang tidak Anda suka seperti lari atau lompat tali.

4. Tetap realistis

Jangan bercita-cita terlalu tinggi dan mengabaikan kenyataan. Pertimbangkan pengalaman sebelumnya dengan resolusi yang akan dibuat. Ingat, selalu ada kesempatan untuk memulai tahapan selanjutnya, jadi mulailah dengan tujuan yang realistis.

BACA JUGA :

5 Resolusi Sehat Ini Perlu Anda Jalankan Tahun Ini

Ikuti 4 Tips Agar Tetap Sehat Setelah Liburan Usai, Dijamin Tokcer

5. Buat milestones atau tahapan sebelum tujuan utama

Hal ini mungkin merupakan cara terpenting untuk meraih resolusi tahun baru Anda. Daripada menggabungkan semua tujuan menjadi satu, lebih baik membaginya menjadi target pencapaian misalnya setiap bulan.

Tetapkan tujuan yang jelas dan realistis seperti turun berat badan sebanyak 2 kg, berhemat 500 ribu sebulan, atau lari sekali dalam seminggu. Tentukan dengan pasti bagaimana Anda akan membuat hal tersebut terjadi.

6. Buat perencanaan waktu

Faktanya, jangka waktu atau memiliki perencanaan waktu penting untuk motivasi Anda dalam memenuhi resolusi tahun baru. Waktu merupakan barometer sukses Anda dalam menilai perkembangan menuju tujuan utama.

Anda bisa menggunakan kalender atau buku agenda untuk merencanakan kegiatan di beberapa minggu atau bulan ke depan. Ini bertujuan menentukan kapan dan seberapa sering, serta menjadi bahan untuk evaluasi diri.

7. Hadiah untuk diri sendiri

Ilustrasi olahraga pagi (foto: net)

Ketika membuat rencana, salah satu bagian terpenting adalah memberi diri sendiri penghargaan atau hadiah jika telah mencapai suatu tahapan penting. Tapi hati-hati, jangan sampai membahayakan tujuan utama Anda.

8. Terima dukungan dari segala sisi

Ketika berada pada titik dimana Anda diambang kegagalan, di situ lah peran dukungan sangat penting. Pilih secara bijak orang-orang yang dapat dipercaya dan teman yang suportif, lalu jelaskan pada mereka mengenai resolusi tahun baru Anda.

Minta bantuan kepada mereka ketika Anda kesulitan, dan jika benar-benar peduli, mereka akan tahu apa yang harus dikatakan saat Anda menjalani momen tersulit.

9. Jangan menyerah

Perlu diketahui bahwa ketidaksengajaan berbuat salah pasti terjadi cepat atau lambat, dan Anda tidak boleh menjadikan hal ini sebagai alasan. Orang dengan harga diri dan percaya diri yang tinggi lebih mungkin untuk berhasil, jadi saat tidak sengaja melakukan kesalahan, segera maafkan diri sendiri dan lanjutkan terus perjuangan.

10. Anda sendiri yang menentukan segalanya

Semua pencapaian berada di bawah kontrol Anda. Orang lain dapat memberi saran dan dukungan, tapi Anda sendiri yang akan menentukan bagaimana hasilnya nanti. Mereka yang menyalahkan orang lain dan semua hal selain dirinya sendiri, tidak akan bisa melakukan perubahan.

Setelah membaca tips di atas, Anda berada di jalur yang benar dalam meningkatkan kualitas hidup di tahun baru ini. Kebahagiaan Anda senilai dengan waktu dan usaha, jadi segera mulai dari sekarang dan semoga beruntung!(M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment