by

Barcelona Resmi Pecat Valverde, Ini Profil Pelatih Penggantinya

BandungKita.id, BOLA – Barcelona resmi mengakhiri kerjasama dengan pelatih mereka, Ernesto Valverde, Selasa (14/1/2020). Pelatih 55 tahun dipecat Barcelona meski masih keduanya masih memiliki ikatan kerjasama hingga 2022.

“FC Barcelona dan Ernesto Valverde telah sepakat untuk mengakhiri kerja sama. Terima kasih atas segalanya, Ernesto. Semoga sukses di masa depan,” tulis Barcelona dalam situs resminya.

Valverde pertama kali melatih Barcelona pada 29 Mei 2017. Selama melatih Lionel Messi cs, prestasi Valverde tak buruk-buruk amat. Ia mengantarkan Blaugrana menjuarai dua La Liga Spanyol, satu trofi Copa del Rey dan satu Piala Super Spanyol.

Namun tampaknya prestasi tersebut tak cukup memuaskan manajemen dan fans Barcelona. Terlebih, penampilan mereka di La Liga musim ini pun tidak stabil.

BACA JUGA :

Real Madrid Juara Piala Super Spanyol, Zidane Catat Rekor 9 Final = 9 Juara

Gantikan Pochettino, Mantan Pelatih MU dan Real Madrid Ini Resmi Jadi Juru Taktik Tottenham Hotspurs

Valverde cuma mampu mempersembahkan sepasang kemenangan di lima laga awal La Liga. Barcelona akhirnya mulai menemukan bentuk terbaiknya di akhir September lalu. Namun, itu tak berlangsung lama.

Satu kemenangan dan tiga kali imbang jadi catatan terakhir Barcelona di pentas La Liga. Kekalahan dari Atletico Madrid di ajang Piala Super Spanyol jadi klimaksnya. Sialnya lagi, Real Madrid yang kemudian jadi raja pada turnamen yang digelar di Arab Saudi tersebut.

Sementara itu, Barcelona resmi menunjuk Quique Setien sebagai pengganti Valverde. Dia dikontrak hingga 30 Juni 2022. Setien merupakan mantan pelatih Real Betis.

Quiqe Setien resmi ditunjuk sebagai pelatih Barcelona 9foto:net)

Betul bahwa Setien belum pernah menangani tim besar sepanjang kariernya. Namun, performanya bersama Real Betis dua musim lalu layak diapresiasi.

Setien sukses membawa Betis finis di peringkat keenam di La Liga edisi 2017/18. Sebagai informasi, itu jadi torehan tertinggi klub asal Andalusia itu dalam 12 tahun terakhir.

Setien juga tergolong jago dalam memaksimalkan bakat pemain. Fabian Ruiz salah satunya. Gelandang berusia 23 tahun itu tampil ciamik dan direkrut Napoli semusim berselang. Disusul Loren Moron yang dipromosikan dari Betis B. Dia berhasil mengukir 7 gol dari 15 pertandingan di La Liga musim 2017/18.(*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : kumparan

Comment