by

Simak 11 Tips Aman dari Covid-19 Ketika Belanja di Pasar Ala Dokter Reisa

BandungKita.id, TIPS – Saat berkegiatan di luar rumah dan di ruang publik, memang sangat penting menerapkan protokol kesehatan. Ini menjadi cara menekan penyebaran Covid-19. Nah hal serupa dilakukan ketika berada di pasar.

Belanja di pasar tetap memiliki sensasi tersendiri. Namun saat pandemi corona virus disease 2019 atau Covid-19 belum berlalu, tentu bikin deg-degan.

Agar waktu belanja di pasar bisa efektif, berikut 14 langkah adaptasi kebiasaan baru atau AKB yang dijelaskan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro.

BACA JUGA :

Jika Ingin Buka Kembali, Pasar Baru Bandung Harus Ekstra Ketat Terapkan Standar Kesehatan

Pemkab Bandung Atur Jam Operasional Pasar Tradisional dan Modern, Catat Waktunya

Panduan ini dirangkum BandungKita.id dari IG TV yang diunggah akun Instagram dr Reisa saat berada di Pasar Mayestik, Jakarta Selatan. Video ini berdurasi 4 menit dan 45 detik. AKB meliputi menjaga kebersihan dan kesehatan dengan disiplin menjalani protokol di pasar.

Reisa sebut yang menjadi ciri khas dari pasar tradisional di Indonesia adalah pertemuan tatap muka penjual dan pembeli. berlanjut ke proses tawar-menawar dan jual-beli. Interaksi pedagang dan pembeli tidak bisa dihindarkan.

Jadi bagaimana belanja di pasar dengan aman? Apa saja yang harus dilakukan? Simak 10 panduannya:

Ilustrasi belanja di Pasar pada masa pandemi. (istimewa)
  1. Susun daftar belanja dan pastikan cari informasi terlebih dahulu tentang barang dan pedagang yang ingin didatangi.
  2. Bawa tas sendiri.
  3. Jangan lupa mencuci tangan di fasilitas yang sudah disediakan di pasar. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik.
  4. Gunakan hand sanitizer terutama setiap setelah selesai bertransaksi.
  5. Pemeriksaan suhu tubuh sudah menjadi kewajiban di tempat umum, termasuk di pasar. Bila suhu di atas 37,3 derajat celcius, maka sebaiknya tidak keluar rumah. Pastikan istirahat dan pulihkan kesehatan.
  6. Menggunakan masker. Bawa masker ekstra untuk berjaga-jaga.
  7. Saat ini arah berjalan di pasar diatur hanya satu arah. Ikuti petunjuk arah dan pesan di berbagai alat peraga.
  8. Jaga jarak.
  9. Pengecekan petugas proaktif. Penerapan upaya pencegahan Covid-19 di pasar sangat membutuhkan peran pengelola pasar dan aparat dalam penertiban kedisiplinan masyarakat pasar.
  10. Apabila ada metode pembayaran digital atau non-tunai, sebaiknya digunakan karena ini lebih baik daripada kontak fisik langsung dengan orang lain. Namun bila belum ada, siapkan tempat khusus meletakkan uang.
  11. Jangan sentuh area wajah. Saat berinteraksi di pasar, pastikan tidak menyentuh area wajah dengan tangan yang belum dipastikan kebersihannya. (*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment