Simak! Tips Simpel Cegah Covid-19 Selama Traveling di Masa New Normal

BandungKita.id, TIPS – Jalannya aktivitas di luar rumah sudah mulai menggeliat kembali di masa new normal ini. Sudah banyak orang melakukan perjalanan ke kantor, luar kota, bahkan antar-pulau dengan kendaraan pribadi maupun moda transportasi umum, seperti kereta, pesawat terbang, dan bus mulai juga dibuka kembali

Pandemi Covid-19 belum usai. Namun roda perekonomian harus tetap berjalan. Karenanya, risiko penularan tetap ada dan setiap orang harus mencegahnya.vItu sebabnya pemerintah menyerukan berbagai protokol kesehatan agar semua tetap berjalan dalam kewaspadaan.

Assistant Professor of Health and Wellness Design, University School of Public Health Bloomington, Indiana, Evan Jordan menyarankan yang paling aman memang stay berada di rumah. “Namun bagi yang tak bisa melakukannya, terapkan antisipasi dan proteksi yang mumpuni,” kata Jordan seperti dikutip BandungKita,id dari laman Realsimple.

Jordan menyarankan perhatikan daerah yang hendak dituju ketika hendak travelling atau melakukan perjalanan dinas. Apakah kawasan itu termasuk zona hitam, merah, oranye, kuning, atau hijau.

BACA JUGA :

Berikut 8 Tips Produktif di Hari Minggu yang Menyenangkan

4 Panduan Olahraga di Luar Rumah Saat New Normal

Simak! 5 Tips Mencari Kerja di Tengah Pandemi

Kemudian moda transportasi apa yang digunakan untuk sampai ke tujuan. Apakah dengan kendaraan pribadi, pesawat, bus, kereta, dan lainnya.

Jordan mengingatkan, jaga jarak satu sama lain dan usahakan jangan berada di dalam ruangan tertutup terlalu lama karena percik atau droplet adalah salah satu perantara penyebaran Covid-19. Pastikan juga segala tempat yang disinggahi, seperti toilet, restoran, pompa bensin, dan pengingapan sudah mematuhi protokol pencegahan virus corona.

Adapun barang bawaan yang wajib dikemas adalah beberapa buah masker untuk ganti, hand sanitizer, tisu basah, sarung tangan, penutup wajah atau face shield, dan lainnya. Untuk meminimalisir interaksi dengan orang lain, bawalah bekal makanan dan minuman sendiri daripada harus membeli makanan di jalan.

Jangan lupa, rajinlah mencuci tangan dengan cara yang tepat dan gunakan layanan non-tunai saat bertransaksi. Segera beristirahat jika tubuh sudah terasa lelah dan lanjutkan perjalanan ketika segar kembali. (*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment