by

Berikut 11 Tanaman Hias Langka yang Menarik Dikoleksi di Masa Pandemi

BandungKita.id, HOBI – Di masa pandemi seperti ini, mengoleksi tanaman hias semakin banyak digandrungi, bahkan sudah banyak dijumpai para penjual tanaman hias di pinggiran jalan yang memamerkan koleksi tanaman mereka.

Tanaman yang dijajakan pun beraneka ragam. Jenis dan harganya bisa sampai jutaan rupiah bahkan tanaman langka sekali pun yang jarang dijumpai. Berikut 10 tanaman hias langka yang jarang kamu jumpai seperti dirangkum Rural Sprout:

1. Janda Bolong/Monstera adansonii

Tanaman hias langka: Tanaman dayung (istimewa).

Salah satu jenis tanaman hias yang lagi tren adalah janda bolong. Tanaman hias dengan bentuk unik ini bisa dihargai ratusan juta rupiah.

Seperti yang diketahui, tanaman janda bolong memiliki banyak jenis. Dua di antaranya yang populer adalah Monstera obliqua dan Monstera Adansonii. Tanaman ini masih sekeluarga dengan Monstera dan biasa difungsikan sebagai dekorasi di rumah.

Janda bolong menjadi daya tarik karena bentuk daunnya yang unik, yakni berlubang. Tanaman ini juga dikenal dengan nama keju Swiss dan tanaman lima lubang. Janda bolong tersebar luas di sebagian besar Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Selain itu janda bolong juga bisa ditemukan di Hindia Barat, terutama di dekat lembah sungai dataran rendah.

2. Tanaman Dayung/Kalanchoe thyrsiflora

Green leaves of Kalanchoe thyrsiflora in the garden, close up.
Tanaman hias langka: Tanaman dayung (istimewa).

Tanaman langka yang jarang dijumpai selanjutnya adalah adalah Kalanchoe thyrsiflora. Tanaman ini populer karena kemampuan reproduksinya yang berasal dari tunas-tunas daun (tunas adventif).

Tanaman Kalanchoe dianggap sebagai tanaman invasif karena persebarannya sangat cepat dan mudah. Selain itu, cakupan sebaran yang begitu luas dipengaruhi oleh pemanfaatan sebagai tumbuhan hias.

Bunga ini nyaris bisa tumbuh di seluruh wilayah tropis di dunia, terutama di kawasan Asia, Australia, Selandia Baru, Melanesia, Makaronesia, India bagian barat, Maskarenes, Polinesia, Galapagos, dan Hawaii. Oleh masyarakat internasional tanaman ini disebut sebagai Miracle Leaf.

3. Shamrock Ungu/Oxalis triangularis

tanaman oxalis triangularis  atau purple shamrock
Shamrock merupakan salah satu tanaman hias indah yang langka (istimewa).

Purple Shamrock atau dikenal dengan nama latin Oxalis triangularis memiliki daun kecil dan berdaun ungu. Sifatnya yang tidak rewel membuat Oxalis disukai para pencinta tanaman hias.

Tanaman yang juga dikenal dengan sebutan ‘tanaman cinta’ ini juga bahkan dikenal sangat produktif. Meski berkembang secara lambat, tapi tanaman mudah menjalar ke berbagai sisi.

Selain warna daunnya yang ungu, keunikan tanaman hias ini adalah sifatnya yang fotofilik. Artinya, daun bakal terlipat di sepanjang batang pada malam hari dan akan terbuka kembali saat matahari terbit.

4. Desert Rose/Adenium obesum

Close up of pink Impala Lily flowers,Impala Lily,Desert rose flower from tropical climate
Desert rose merupakan salah satu tanaman hias langka (istimewa).

Adenium obesum merupakan jenis tanaman sukulen dari Afrika dan dikenal sebagai mawar gurun. Dengan batang yang tegak, daun hijau kasar, dan bunganya berbentuk tabung, mawar gurun dapat dipangkas seperti gaya bonsai.

Mawar gurun sangat mudah dirawat, hanya butuh sedikit air dan membutuhkan banyak sinar Matahari.

BACA JUGA :

Yuk Mengenal Aglaonema, Si Ratu Tanaman Hias Daun yang Eksotis : Ini Dia 12 Jenis Paling Populer di Indonesia

Si Cantik Tanaman Keladi, Dulu Diabaikan Kini Harganya Sampai Jutaan

5. Tanaman Ikan Mas/Columnea gloriosa

Tanaman hias langka selanjutnya ialah Columnea gloriosa. Tanaman ini merambat dan menjuntai serta daunnya berwarna hijau tua. Disebut tanaman ikan mas karena ada bunga berwarna oranye menyerupai ikan mas kecil.

Columnea gloriosa merupakan tanaman asli Amerika Selatan dan Tengah, tanaman ini menyukai cahaya Matahari langsung dan suhu yang lembap. Karena bersifat epifit, tanaman ikan mas tumbuh dengan sangat baik di tanah kasar dan diberikan lumut sphagnum.

6. Corkscrew Albuca/Albuca spiralis

Leaves of a corkscrew albuca, Albuca spiralis, with a black background.
Salah satu tanaman hias langka: Albuca spiralis (istimewa).

Corkscrew Albuca juga dikenal dengan nama frizzle sizzle yang pucuknya berbentuk spiral di setiap ujungnya.

Tanaman ini memiliki daun yang panjang dan ramping yang muncul dari umbi bawah tanah. Lalu ketika bunganya mekar, tanaman hias langka ini bakal menghasilkan bunga yang beraroma vanili berwarna kuning.

7. Tanaman Pitcher

Sarracenia plats in red pot
Tanaman hias langka: Pitcher (istimewa).

Tanaman karnivora asal Filipina ini juga disebut tanaman kantong semar pemakan serangga. Mereka memiliki perangkap yang bentuknya seperti lubang lonjong yang menjuntai dari sulur-sulur yang menempel pada daun hijaunya.

Saat seekor serangga tidak sengaja hinggap di tanaman Pitcher, nantinya ia tenggelam di cairan yang ada di kantung Pitcher. Lalu serangga tersebut dicerna oleh enzim.

Perawatan tanaman Picther atau kantong semar cukup sederhana, berikan asupan sinar Matahari yang banyak, kelembapannya pun harus dijaga. Sebab, tanaman ini bakal menangkap unsur hara sendiri, maka dari itu gunakan tanah ringan yang terdiri dari setengah lumut sphagnum dan setengah perlit.

Selama musim panas tiba, simpan tanaman ini di luar ruangan. Namun, jika musim dingin datang, simpan di dalam ruangan dan beri makan setiap bulan misalnya jangkrik hidup, cacing, atau pelet ikan.

BACA JUGA :

Tak Hanya Bajakah, 5 Tumbuhan Ini Dipercaya Bisa Menekan Sel Kanker

Bosan dengan Ruang Tamu Anda? Ini 6 Cara Make Over Ruang Tamu Biar Lebih Fresh

8. Kerang Lavender/Kalanchoe fedtschenkoi compacta

Tanaman hias langka:Kerang Lavender/Kalanchoe fedtschenkoi compacta (istimewa).

Tanaman ini juga dikenal dengan nama lain Bryophyllum fedteschenkoi. Kerang lavender disebut sebagai tanaman langka karena daunnya yang tegak, berdaging, memiliki unsur warna krem dan hijau serta tepi daunnya yang bergigi.

Tanaman hias langka ini memiliki karakter daun yang menarik. Jika ditempatkan di bawah Matahari langsung, daunnya akan berubah menjadi merah.

9. Madagascar Palm/Pachypodium lamerei

Small green madagascar cactus tree in concrete pot on white shelf isolated on white background.
Tanaman hias langka: Madagascar palm (istimewa).

Meski terlihat seperti persilangan antara pohon palem dan kaktus, palem Madagaskar sebenarnya merupakan jenis tanaman sukulen dari keluarga dogbane.

Palem Madagaskar tumbuh dengan batang berwarna keperakan, berduri, dan dapat tumbuh setinggi 20 kaki di alam liar. Namun, tanaman akan menjadi kerdil jika dirawat di dalam ruangan.

Cara perawatan tanaman palem Madagaskar adalah ditempatkan di bawah Matahari langsung dan sedikit air. Gunakan tanah yang memiliki drainase yang baik seperti tanah kaktus dan beri pupuk dengan formula nitrogen rendah setiap lima minggu sekali.

10. Echinopsis/Echinopsis calochlora

Tanaman hias langka: Echinopsis/Echinopsis calochlora (istimewa).

Echinopis calochlora tumbuh di sepanjang tanah berbatu di Amerika Selatan. Tanaman ini membutuhkan tana lempung ringan yang dilapisi kerikil atau kerang yang dihancurkan.

Seperti tanaman kaktus lainnya, kamu harus menempatkan tanaman ini di bawah Matahari langsung dan sedikit air.

11. Tanaman Untaian Lumba-lumba/Senecio peregrinus

Tanaman hias langka: Tanaman Untaian Lumba-lumba/Senecio peregrinus (istimewa).

Mungkin Anda pernah mendengar tentang untaian mutiara atau manik-manik? Senecio peregrinus merupakan tanaman jenis sukulen yang terlihat seperti lumba-lumba yang sedang melompat.

Tanaman ini merupakan hasil persilangan dari benang mutiara dengan tanaman lili. Alhasil, Senecio peregrinus memiliki daun yang melengkung dan memiliki dua titik kecil di bagian tengah tubuh menyerupai sirip ikan. (*).

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment