by

Dinilai Responsif, Warga Permata Cimahi Apresiasi Kinerja Dishub KBB

Lampu PJU Minimalisir Aksi Kejahatan

BandungKita.id, KBB – Warga RW 14 Kompleks Permata Cimahi, Desa Tanimulya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengapresiasi kinerja Dinas Perhubungan (Dishub) KBB yang dinilai sangat responsif terhadap pengaduan masyarakat terkait banyaknya lampu penerangan jalan umum (PJU) yang mati atau tidak berfungsi di jalan utama salah satu kompleks perumahan terbesar di KBB tersebut.

Ketua RW 14 Komplek Permata Cimahi, Nono mengaku sangat berterima kasih kepada Pemkab Bandung Barat terutama kepada Kadishub KBB baru yang telah merespon dengan cepat aduan dari masyarakat terkait banyaknya lampu PJU yang mati di wilayah mereka. Sebab, sebelumnya keluhan mereka tak pernah ditanggapi apalagi sampai petugas datang ke lapangan.

Sebelumnya, kata dia, pihaknya sudah seringkali melaporkan dan mengajukan perbaikan lampu PJU di sepanjang jalan utama Kompleks Permata terutama di wilayah RW 14. Pasalnya, kata Nono, jika malam tiba kondisi jalanan gelap gulita dan rawan aksi kejahatan.

“Dulu di sini gelap gulita, padahal jalan utama. Alhamdulillah ayeuna mah caraang (sekarang mah terang berderang). Dulu mah kalau malam agak khawatir karena jalanan sepi dan gelap, rawan kejahatan. Sekarang mah reugreug caraang. Hatur nuhun Dishub KBB,” kata Nono kepada BandungKita.id, Rabu (21/4/2021).

Dijelaskan Nono, terdapat empat titik lampu PJU yang diperbaiki oleh Dishub KBB. Lokasi lampu itu berada di daerah tanjakan penghubung antara Kompleks Permata dan Kompleks Bukit Permata yang kondisi lumayan sepi.

“Mudah-mudahan ke depan tidak hanya empat titik saja yang diperbaiki. Kami berharap di sepanjang jalan protokol Kompleks Permata mulai dinormalisasi penerangannya,” ungkap Nono.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua RT 09 Abdul Gani (55). Ia mengaku cukup puas dengan pelayanan dan respon cepat yang ditunjukkan petugas Dishub KBB. Pasalnya, keluhan dan aduan warga terkait banyaknya lampu PJU yang mati langsung direspon.

“Kami sangat apresiasi kinerja Dishub KBB yang sangat responsif terhadap aduan masyarakat. Dulu lambat sekali kalau ada apa-apa. Mudah-mudahan di bawah kepemimpinan baru, akan lebih baik,” ujar Abdul Gani.

Menurutnya, respon cepat yang ditunjukkan Dishub KBB tidak hanya membuat jalan protokol menjadi terang berderang. Namun lebih dari itu, kata dia, kini warga lebih merasa nyaman dan tenang ketika beraktifitas pada malam hari ketika melintas di jalan protokol di wilayah RW 14 yang biasanya gelap gulita.

“Ini sangat positif. Dulu daerah sini rawan kejahatan dan sering digunakan hal-hal negatif oleh anak muda dari luar Permata karena kondisi di wilayah sini gelap gulita. Masyarakat juga jadi senang karena sekarang jadi caraang. Hatur nuhun Dishub KBB, mudah-mudahan bisa dicontoh dinas lainnya,” tutur pria berbadan tinggi besar itu seraya berharap agar seluruh fasilitas umum dan sosial mulai saat ini diberikan lampu penerangan. (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Comment