by

Yuk Pahami, 7 Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

BandungKita.id, KajianIslam – Salah satu sunnah di hari Jumat yaitu membaca surat Al-Kahfi. Terdapat sejumlah keutamaan bagi orang-orang yang membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat.

Rasulullah sendiri menyebut, barangsiapa membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat niscaya akan mendapat pahala yang berlimpah dan berbagai keberkahan dari Allah Swt.

Baca Juga: 6 Kunci Masuk Surga Berdasarkan Ali Bin Abi Thalib, Gus Baha Sebut Salah Satunya Tahu Bahwa Setan adalah Musuh

Mengutip dari berbagai sumber, berikut adalah 7 keutamaan membaca Al-Kahfi di hari Jumat:

  1. Menghindarkan diri dari fitnah Dajjal

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata; Rasulullah SAW bersabda,”Siapa yang membaca Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancarkan cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan menerangkannya kelak pada hari kiamat dan diampuni dosanya antara dua Jumat. (HR. Abu Bakr bin Mardawalh.)

  1. Diampuni dosa-dosanya

Imam Mardawaih meriwayatkan dari Ibnu Umar, “Barang siapa membaca surah Al Kahfi pada hari jum’at maka akan ada cahaya yang menyinari dari telapak kakinya hingga langit yang akan menyinarinya kelak pada hari kiamat. Dan dosanya akan diampuni di antara dua Jumat.”

  1. Rumahnya tidak akan dimasuki setan

Ibnu Mardawaih meriwayatkan dari Abdullah bin Mughaffal,” Rumah yang dibacakan di dalamnya surah Al Kahfi atau Al Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu.”

  1. Dipancarkan cahaya sejauh dirinya dan Ka’bah

Diriwayatkan dari Sahabat Abu Sa’id al-Khudri bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Barangsiapa membaca surah Al Kahfi pada malam jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dan Baitul ‘Atiq (Ka’bah).” (Suran Ad-Darami, no. 3273).

  1. Dipancarkan cahaya diantara dua Jumat

Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri ra,”Barangsiapa membaca surah al-Kahfi pada hari Jumat maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jumat.”

  1. Dijaga doa di antara dua Jumat

Abdullah bin Umar ra berkata; Rasulullah bersabda,”Siapa yang membaca surah Al Kahfi pada hari jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit akan meneranginya kelak pada hari kiamat dan diampuni dosanya antara dua Jumat.”

  1. Disinari di hari kiamat

Imam Mardawaih meriwayatkan dari Ibnu Umar,”Barangsiapa membaca surah Al Kahfi pada hari jum’at maka akan ada cahaya yang menyinari dari telapak kakinya hingga langit yang akan menyinarinya kelak di hari kiamat.”

Itulah 7 keutamaan membaca surah Al Kahfi setiap jum’at. Semoga kita Istiqomah membaca amalan surah Al Kahfi ini. (Tim Redaksi Bandungkita)

Comment