by

Pemuda Saat ini 1/4 Jumlah Penduduk, Potensi Besar Pembangunan Bangsa

BandungKita.id, Palembang – Menpora Zainudin Amali, menyebutkan, usia pemuda khususnya di Indonesia menempati peringkat dalam jumlah yang besar.

Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional Indonesia, lanjut dia, perkiraan populasi pemuda saat ini kurang lebih sekitar 67 juta.

Jumlah itu, menurut dia, seperempat dari total penduduk Indonesia.

Lebih dari itu, masih menurut menteri, merupakan kekuatan sekaligus daya pengungkit bagi keberlanjutan pembangunan bangsa dan negara.

Pernyataa itu menteri sampaikan dalam sambutan Pembukaan Pra KTT ke-1 Y20 Indonesia 2022 di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (19/3) malam secara virtual,

Dalam sambutannya, ia menggelorakan semangat bahwa pemuda adalah potensi besar pembangunan bangsa.

Pembukaan Pra KTT malam itu diikuti seluruh delegasi dari negara-negara G20.

“Salam dari Jakarta. Merupakan kehormatan bagi saya menjadi bagian dari acara ini. Dengan senang hati saya menyambut anda di Pra KTT ke-1 di Y20 Indonesia 2022. Sangat disayangkan beberapa dari anda tidak dapat menjalankan perjalanan ke Palembang akibat pandemi,” sapa Menpora.

“Namun saya sangat berharap anda masih dapat memanfaatkan sepenuhnya acara ini untuk bertukar pikiran berdiskusi bertukar gagasan mengenai Youth Employment,” ujarnya.

Disebutkan, usia pemuda khususnya di Indonesia menempati peringkat dalam jumlah yang besar. Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional Indonesia, perkiraan populasi pemuda saat ini kurang lebih sekitar 67 juta.

Itu, lanjutnya, berarti seperempat dari total penduduk Indonesia.

Lebih dari itu, menurutnya, merupakan kekuatan sekaligus daya pengungkit bagi keberlanjutan pembangunan bangsa dan negara.

“Memiliki jumlah penduduk berusia produktif yang begitu besar berarti potensi besar pula bagi pembangunan bangsa ini. Sebagai pemuda dari seluruh belahan dunia, saya yakin anda ingin tahu lebih banyak tentang situasi pemuda Indonesia saat ini,” katanya.

Tetapi, lanjutnya lagi, dalam dua tahun terakhir masyarakat dunia menghadapi tantangan global yang cukup berat akibat Pandemi covid-19, termasuk kaum muda.

Pandemi, ia sebut berdampak pada beberapa kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan generasi muda di negeri ini.

Namun, menurutnya lagi, optimisme harus terus dikobarkan, semangat terus dibangkitkan, dan tidak lain peran pemuda harus dimaksimalkan sekaligus dioptimalkan.

“Pandemi ini merupakan tantangan besar bagi kita semua tetapi juga merupakan peluang bagi awal yang baru,” ujarnya.

Dalam rangka terus membangun semangat dan menciptakan peluang baru untuk maju, ia menyebutkan, kewirausahaan di kalangan pemuda menjadi sebuah solusi.

Maka sebagai wujud dorongan pemerintah, kewirausahaan pemuda menjadi salah satu dari lima prioritas Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dalam kurun waktu 2020-2024 yang akan datang.

“Ini bertujuan untuk memberdayakan pemuda agar menjadi kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing dan kita harapkan bisa mempunyai jiwa kewirausahaan atau enterpreunership. Kementerian Pemuda dan Olahraga akan selalu mendukung dan memberikan akses yang lebih besar kepada usaha kecil menengah untuk mengembangkan usahanya,” katanya.

Indonesia, ia sebut pula, terus mendorong promosi kemandirian ekonomi dan wirausaha muda untuk meningkatkan kemampuan dan harga diri mereka supaya bergerak memenuhi pasar-pasar tenaga kerja.

Menpora Menuturkan, Y20 adalah forum tepat yang dapat dimanfaatkan untuk berdiskusi dan mencoba memecahkan masalah pemuda serta mendorong pemerintah dan pemimpin negara masing-masing untuk mendukung dan mengenali pemecahan masalahnya.

“Akhirnya izinkan saya menyampaikan harapan terbaik pada semua delegasi, peserta, dan perwakilan pemuda di sini, agar dapat memanfaatkan forum ini untuk mendiskusikan berbagai hal tentang kepemudaan dan semoga menikmati kegiatan ini dengan penuh kehangatan dan tentu jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan, terima kasih, katnya.

Kegiatan yangberlangsung hingga 20 Maret ini juga tampil sebagai pembicara Menaker, Ida Fauziyah dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Hadir langsung saat pembukaaan Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya, Plt Sesmenpora Jonni Mardizal, Stafsus Kreativitas dan Inovasi Kaum Milenial Kemenpora, Alia Noorayu Laksono, dan Ketua Panitia Y20 Indonesia 2020, Michael Victor Sianipar.*

Menpora Amali menyampaikan sambutan pada Pembukaan Pra KTT ke-1 Y20 Indonesia 202 di Palembang.

Comment