by

Ridwan Kamil Tak Ingin Ada Kepala Daerah Terjerat Kasus Hukum

BandungKita.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menitipkan tiga pesan untuk enam Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota hasil Pilkada Serentak pada 27 Juni 2018 lalu.

“Kami menitipkan pesan-pesan. Yang pertama, adalah jadilah pemimpin yang mencintai rakyat, jadilah pemimpin yang melayani rakyat bukan dilayani rakyat,” ujar Ridwan Kamil dalam pidato pelantikan enam kepala daerah hasil Pilkada Serentak di Gedung Merdeka, Jl. Asia Afrika Kota Bandung, Kamis (20/9/2018).

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan seorang pemimpin harus memiliki sistem dan kepemimpinan yang berintegritas. Untuk itu, dia berharap selama lima tahun ke depan tidak ada kepala daerah di Jawa Barat yang terjerat kasus hukum.

“Saya sebagai gubernur akan mengingatkan kita semua untuk saling menjaga diri dari segala hal-hal yang akan menjerumuskan (kasus hukum),” tutur Ridwan.

“Integritas adalah harga mati, integritas adalah nilai mulia yang harus dijaga oleh kita yang diberi Allah SWT kesementaraan kekuasaan,” tambah mantan Walikota Bandung itu.

Kedua, Emil meminta agar aparat pemerintahan di kabupaten/kota lebih meningkatkan profesionalisme. Terlebih Jawa Barat memiliki visi sebagai provinsi digital di Indonesia.

“Saya titip pelayanan, gunakan teknologi dengan profesional. Adakan peningkatan kualitas SDM, sehingga kualitas pelayanan bisa meningkat menjadi sangat profesional,” tukasnya.

Pesan ketiga, Emil juga meminta agar para kepala daerah hingga perangkat terbawahnya melakukan pelayanan sepenuh hati kepada masyarakat. Melalui tiga pesan ini, diharapkan para kepala daerah ini menjadi teladan bagi masyarakat.

“Tiga pesan dasar inilah, Insya Allah bisa membawa bapak/ibu Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Walikota bisa menjadi pemimpin yang teladan dan dicintai oleh rakyat di daerah masing-masing,” ucapnya.(mohammad zainal)

Comment